Resman Calon Kuat Sedakot Pematangsiantar

0
285 views

Oleh Elfa

MONALISA | SIANTAR | – Kekosongan jabatan Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar, Pasca pengukuhan pejabat eselon  II dilingkungan Pemko Pematangsiantar mulai menjadi perbincangan menarik sejumlah kandidat baik dari internal instansi Pemkot maupun luar Pemkot Pematangsiantar untuk mencalonkan diri sebagai Sedakot.

Terlebih saat ini pemilihan jabatan eselon II tersebut harus melalui proses open biding (lelang jabatan) posisi Sekda Kota Pematang Siantar masih menjadi tanda tanya,namun menurut keterangan beberapa pejabat teras Pemko Pematangsiantar,bahwa calon kuat menduduki jabatan strategis tersebut muncul nama Resman Panjaitan Kadis Pendidikan yang baru dikukuhkan beberapa hari lalu oleh Wakil Walikota Hefriansyah.

Ditanya tentang siapa yang layak menduduki jabatan Sekda Kota Pematangsiantar definitif?..Koordinator Daerah (Korda) Sumatera Utara Komite Wartawan Reformasi Indonesia ( KWRI) Kemas Edi Junaidi mengatakan, Jabatan sebagai Sekda definitif yang cocok untuk menjabat sebagai Sekda adalah Resman Panjaitan. “Beliau lebih layak menduduki jabatan tersebut,selain sebagai pejabat senior,Dia juga sangat dekat dikalangan insan Pers.Tidak hanya itu,sebagai seorang birokrasi tulen,Resman sangat memahami betul kondisi kota pematang Siantar serta cukup dekat terhadap teman teman dikalangan birokrasi.Sosok Resman sudah tidak asing dikalangan ASN Kota Pematang Siantar, ” ujarnya, saat dikonfirmasi, Senin (3/4-2017).

Karena Kemas  menilai dari jam terbang Resman sebagai sosok pejabat yang sudah sangat senior dan mampu mengayomi bawahannya. “Beliau tidak hanya sebagai pejabat senior dalam jam terbangnya, tapi beliaupun sangat dekat dengan bawahannya,” ungkapnya.

Di samping itu, lanjut dia, sosok  Resman lebih layak menduduki jabatan Sekda. “Karena seorang pejabat sekda itu harus dikenal didalam instansi tersebut, dan benar-benar dibutuhkan oleh kalangan instansi serta masyarakat.Apalagi Pak Resman itu orangnya dekat dengan semua kalangan, saya yakin hanya pak Resman yang open (terbuka) untuk kepentingan masyarakat Siantar, keramahan, kewibawaan, kebijakan, semua dimiliki oleh beliau,sangat tepat mendampingi Walikota Pematangsiantar Hefriansyah yang masih berjiwa muda,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan pula oleh salah seorang PNS yang merahasiahkan namanya. “Kalau menurut saya, untuk memilih calon Sekda, tidak perlu harus melalui proses Open Biding (lelang jabatan), karena dengan cara lelang jabatan, mungkin orang tersebut berkualitas dalam jabatannya, tapi belum tentu sejalan dengan kami sebagai bawahannya, kalau Pak Resman sudah saya rasakan sepak terjangnya memimpin kami, dia orangnya bijak, tidak neko-neko dan berjalan dialur yang benar, serta dia sayang terhadap anak buahnya,” paparnya.

Berita Terkait: 👉  Puluhan Mahasiswa Berunjuk Rasa Desak Pemkab Tapteng

Begitu pula menurut salah seorang insan pers kota Pematangsiantar Neti,bahwa sosok Resman sangat sudah teruji. “Apalagi saat beliau menduduki jabatan kepala Dinas Pendidikan, beliau mampu menjalankan tupoksinya dengan tegas dan aman tanpa kendala apapun,” ujarnya.

“Dia tergolong pejabat yang bersih, saya yakin bila beliau jadi sekda, roda pemerintahan Kota Pematangsiantar akan berjalan lancar dan sinergis dengan Walikota yang masih berjiwa muda,Resman bisa merangkap sebagai orang tua buat walikota,” ujarnya.

Senada dengan Neti salah seorang warga Kota Pematangsiantar lainnya, Deni Harkijon, mengatakan, sosok Resman memang sangat familiar bagi warga Kota Pematangsiantar. “Seorang Sekda itu harus benar-benar sosok yang dekat dengan rakyat, ya jawabannya adalah Pak Resman cocok jadi Sekda Kota Pematangsiantar,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here