Friday, 25/5/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Bangkit Menggapai Mimpi (3)

Bangkit Menggapai Mimpi (3)

137 views
“ Jiwa labil bisa menjadi kekuatan besar untuk berani menentukan langkah “

Oleh BaBE

Monalisanews.com |- Mencetak pribadi yang kokoh memang tidak bisa dilakukan secara instan. Pasalnya membutuhkan langkah-langkah yang harus dijalani dan dilewati. Sebab proses penempaan akan memberikan pengalaman, dan pelajaran  sehingga mampu mengatasi permasalahan di masa mendatang. Gairah Ibnu Habibi sebagai kaum muda terbilang meledak-ledak ,tidak mampu mengendalikannya akan menjadi boomerang bagi diri dan keluarganya.

Kualifikasi merupakan salah satu bentuk menciptakan pondasi yang tangguh, berwibawa, bertanggung jawab.Namun, terhadap diri Ibnu hal ini belum cukup membentuk pribadi yang kokoh.cenderung memiliki emosional yang masih labil. Untuk membentuk pribadi kokoh diperlukan system atau cara melalui pengalaman langsung di lapangan. Dimana tantangan merupakan langkah selanjutnya untuk menguji kemampuan dirinya dalam mengatasi berbagai persoalan.
Sebagai tokoh pemuda,Ibnu Habibi tidak jalan sendiri.dia aktif diberbagai organisasi kepemudaan islam bukan semata kemauan dirinya pribadi tapi berkat dorongan istri tercintanya Lisa Novita Harahap Amd.Dari hasil pernikahan mereka dikaruniai dua orang putri mungil yang cantik Shaquilla Nandra Lubis dan Fatimah Zahra Lubis.Perjalanan Ibnu didunia kepemudaan tidak semulus apa yang dipikirkan.Seperti kata pepatah kuno semangkin tinggi pohon,akan semangkin mudah badai menerjang.Bagi sebagian orang tantangan dianggap sebagai masalah yang harus di hindari. Namun, bagi Ibnu tantangan merupakan uji kemampuan diri sebagai upaya mengaktualisasikan diri.

Perjalanan Ibnu Habibi sebagai tokoh pemuda masihlah begitu panjang  dan masih harus dilewati agar mampu menjadi generasi penerus yang tangguh. Setelah kualifikasi dan tantangan dapat dilalui, sebagai orang muda dia harus cekatan untuk berani melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Jiwa muda yang terbilang masih labil bisa menjadi kekuatan besar untuk berani menentukan langkah, dengan memanfaatkan setiap peluang.
Peluang secara umum dapat diartikan sebagai sikap dari seseorang yang mampu memanfaatkan kelebihannya secara maksimal demi tujuan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut sosok Ibnu diharapkan bisa menjadi aktor utama kelak dimasa datang.Dengan segala keahliannya, dan talenta yang dimiliki semakin menambah gairah untuk dikembangkan.Keunggulan yang dimiliki Ibnu bisa menjadi ujung tombak untuk menumbuhkan sosok pemimpin muda yang berkualitas dalam membangun daerah.

Oligarki (kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil menurut kekayaan, keluarga, atau militer ) kadangkala  masih menjadi momok yang menakutkan bagi perkembangan generasi muda seperti Ibnu,dominasi kaum tua masih erat dan mengakar dalam pemerintahan. Sebuah tantangan besar bagi Ibnu untuk menggeser kaum tua dari kewenangannya memimpin daerah ini. Tantangan ini memang terbilang sulit dihadapi.Pasalnya, budaya, kebiasaan, dan karakter dari masyarakat yang mendahulukan kaum tua membuat pemuda merasa tersaingi. Akibatnya, dalam membuat perubahan dan pergerakan serta inovasi baru selalu mengalami gangguan.

Keberhasilan Ibnu  yang diidam-idamkan,memerlukan keterlibatan dari berbagai pihak. dimana peran serta keluarga, masyarakat, dan pemerintah ikut menentukan pembentukan sosok Ibnu yang kokoh. Untuk itu, pembangunan infrastruktur bagi dirinya menjadi hal penting untuk perkembangan kepribadiannya.

Makna Pembangunan infrastruktur buat  diri Ibnu pribadi, seperti ruang publik , ruang dialog, sarana olahraga, dan wadah organisasi kepemudaan yang sekarang ini sedang dipimpinnya. Sedangkan, peran keluarga, dan masyarakat lebih kearah pembentukan karakter dengan menciptakan budaya, dan situasi yang kondusif bagi kemajuan jiwa Ibnu Habibi.(Bersambung)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.monalisanews.com