Telisik Kandang Babi Pinggiran DAS Sungai Bah Kaitan

0
228 views

 

Diminta Satpol PP menindak Pengusaha

Oleh Ekolin/Muchlis

Monalisanews.com | Pematang Siantar |-Masih segar dalam ingatan kita semua bagi pembaca setia Monalisa  News  tentang Limbah ternak babi yang mencemari Sungai Bah kaitan yang mengalir melalui dua daerah,Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Kali ini Monalisa langsung meninjau peternakan tersebut dan bertemu dengan Boru Siburian istri dari pengusaha ternak babi,Sidabutar,yang kebetulan berada di kandang tersebut.

Tiba di kandang ternak tersebut, Monalisa langsung disambut oleh Boru Siburian dengan raut wajah yang penuh tanda tanya sambil bertanya.”ada apa pak”. Sabtu, ( 22/04/2017 ).

Saat dikonfirmasi tentang pembuangan limbah yang langsung dialirkan ke aliran sungai Bah Kaitan Boru Siburian merasa terkejut dan mengatakan bahwa mereka menggunakan lpal untuk penampungan namun apabila Ipal tersebut penuh terpaksa harus menyalurkannya ke sungai.

“adanya ipal kami untuk penampungan limbah.”tapi kalau sudah penuh terpaksalah kami buang ke sungai.”abis bagai mana lagi.”ucapnya.

Apapun alasan yang disampaikan oleh pihak pengusaha,hal ini sudah menyalahi peraturan pemerintah tentang pencemaran lingkungan,apalagi aliran sungai tersebut masih dipergunakan oleh masyarakat yang berada dialiran bawah untuk kebutuhan sehari hari baik mandi maupun mencuci yang dapat menimbulkan penyakit.

Dalam hal ini seharusnya pemerintah segera mengambil tindakan kepada pengusaha apalagi masyarakat telah melayangkan surat keberatan kepada pihak pemerintah Kelurahan dan Kecamatan,sedangkan pengusaha ternak tersebut mengatakan siap untuk musyawara dengan masyarakat.

“Kami siapnya pak untuk berkumpul dan bermusyawara dengan masyarakat kalau pihak pemerintah menghendaki.”ucapnya lagi Boru Siburian.

Sementara itu Camat Siantar Martoba,Rapidin Saragih saat ditemui mengatakan bahwa akan memerintahkan pihak Kelurahan untuk segera menindak lanjuti tentang keberatan warga dan akan mengudang warga untuk bermusyawarah.

“Oh ya,kami akan berkomunikasi dengan pihak Kelurahan agar mengundang warga untuk bermusyawara”.ujarnya.namun sampai berita ini dibuat dan informasi dari warga bahwa pihak pemerintahan belum perna mengundang warga dan warga akan berupaya menyampaikan keberatan mereka kepada SATPOL PP kota Pematang Siantar.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Walikota Sambut Kedatangan Jemaah Haji dan Hajjah di Bandara Kualanamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here