JR Saragih Nyekar Makam Raja Sisingamangaraja XII

0
301 views

Monalisanews | BALIGE |– Kerja Politik JR Saragih pasca pelantikan sebagai ketua Demokrat Sumut, kepakan sayap Garuda biru semangkin membahana jagad raya Sumatera Utara. Kali ini,para petinggi PD Sumut Nyekar makam Raja Sisingamangaraja XII di Balige, Sumatera Utara.

Sebelum kunjungan ke makam Raja Sisingamaraja XII, JR Saragih datang ke rumah duka Saur br Pakpahan atau Opung Putri Bane di jalan Baba Lubis, Sangkarnihuta, Balige, Sumatera Utara.

Selanjutnya menuju ke Makam Raja Sisingamangaraja XII terletak di Desa Silalahi, Pagar Batu, Balige, Sumatera Utara. JR Saragih tak sendirian melainkan bersama Wakil Ketua DPD Demokrat Sumatera Utara Tahan Panggabean, Sekretaris DPD Demokrat Sumatera Utara Meilizar Latif, Bendahara DPD Demokrat Sumatera Utara Alpin Hartanto, Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba, Ketua Fraksi Partai Demokrat Simalungun Elias Barus serta beberapa Kepala Dinas Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kunjungan relegius ini dilakukan untuk pertama kali kerja politik semangat baru Sumatera Utara sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara periode 2016-2021.

Diakui JR Saragih, kehadirannya di makam Raja Sisingamangaraja XII di Balige ini merupakan wujud terima kasih kepada para pejuang Indonesia khususnya Sumatera Utara yang telah membuat Sumatera Utara menjadi lebih indah.

“Kemarin saya dilantik sebagai Ketua DPD Demokrat Sumatera Utara yang baru di pinggiran Danau Toba. Dan saat tiba di Balige, kami teringat perjuangan dari Raja Sisingamangaraja XII, bagi saya tanpa ada beliau saya tidak bisa seperti ini. Oleh karenanya saya datang ke sini untuk berziarah,” ucap Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih di Makam Raja Sisingamangaraja XII di Desa Silalahi, Pagar Batu, Balige, Sumatera Utara, Sabtu (29/4/2017).

Berita Terkait: 👉  IWO Sibolga Tapteng Prihatin,Bantu Sembako Kepada Pemuda Remaja Pengindap Tumor

Selain berziarah, JR Saragih memiliki empati tinggi untuk memperindah makam Raja Sisingamangaraja XII tersebut. Pasalnya, hatinya sangat tersentuh ketika melihat rumah kediaman Raja Sisingamangaraja XII yang tidak tersentuh sama sekali.

“Hati saya langsung tersentuh untuk turut serta memberikan yang terbaik buat makam Raja Sisingamangaraja XII, sehingga ada tanda saya datang untuk memperbaiki makam ini,” paparnya lagi.

Apalagi, penjaga makam Raja Sisingamangaraja XII Manga Ranap Sinambela mengatakan, makam tersebut baru dua kali direnovasi. Di mana, pertama dilakukan tahun 1992 dan kedua 2017. Dana yang dimiliki pun tak mampu membuat makam Raja Sisingamangaraja XII menjadi lebih bagus.

“Dana yang diberikan ke sini melalui dinas sosial dari Provinsi Sumatera Utara, padahal saya selalu minta dibuatkan atap agar wisatawan yang datang bisa menikmati meskipun hujan turun. Nyatanya hingga kini tak kunjung dilakukan, termasuk perbaikan rumah milik Raja Sisingamangaraja XII,” urai Manga Ranap Sinambela selaku penjaga makam Raja Sisingamangaraja XII.

JR Saragih menuturkan makam Raja Sisingamangaraja XII menjadi bagian pendukung dari Danau Toba, otomatis wisatawan yang datang ke Balige bisa melihat sejarah dari Raja Sisingamangaraja XII.

“Situs sejarah ini harus diwariskan kepada generasi anak muda sehingga ikon Danau Toba bisa terus didengungkan buat menarik pariwisata ke sini,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Simalungun, Elias Barus menambahkan pasca pelantikan, JR Saragih beserta para pengurus DPD Partai Demokrat Sumatera Utara yang baru langsung berbenah diri mulai dari DPD, DPC hingga seluruh ranting Partai Demokrat Sumatera Utara untuk terus memberi solusi terhadap Sumatera Utara.

“Ini adalah bentuk wujud nyata keperdulian sosok JR Saragih sebagai ketua DPD Demokrat Sumatera Utara periode 2016-2021 dalam memberikan penghargaan terhadap pahlawan, terlebih pemerintahan Provinsi Sumatera Utara kurang perduli dalam memperhatikan makam Raja Sisingamaraja XII. Ini menjadi bukti konkrit JR Saragih terhadap situs bersejarah sebagai aset Sumatera Utara. Tentunya, kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan JR Saragih menuju semangat baru Sumatera Utara,” pungkasnya.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here