Ukuran Parit Pembuangan Tidak Seimbang, Tapteng Dilanda Banjir Lagi

0
195 views

Oleh Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng | – Baru sekitar 3 jam hujan mengguyur wilayah Kecamatan Pandan, genangan air telah melanda rumah rumah penduduk dan jalan raya.

Genangan banjir ini sudah menjadi langganan masyarakat Kecamatan Pandan diakibatkan ukuran parit pembuangan tidak seimbang dengan debit air dari pemukiman warga.

Untuk itu, masyarakat sangat berharap perhatian Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) untuk mengalokasikan anggaran menormalisasi banjir.

Desa Sitio-tio Hilir Kecamatan Pandan Tapteng sudah tiga kali dilanda banjir. Senin (1/5) baru 2 jam hujan turun, luapan air dari parit pembuangan di lorong III komplek perumahan Graha Sitio-tio, Desa Sitio-tio  ini meluap hingga mengakibatkan rumah rumah penduduk ter-genang air setinggi lutut orang dewasa, akibatnya barang barang peralatan rumah tangga penduduk banyak yang rusak.

Hari ini, Rabu (3/5) hujan turun mulai pukul 06,00wib pagi, genangan banjir kembali melanda rumah rumah penduduk di Desa Sitio-tio Hilir ini, tepatnya di lorong III komplek perumahan Graha Sitio-tio, Desa Sitio-tio, tampak warga sekitar mengurungkan niatnya keluar rumah untuk ber-aktifitas seperti biasanya, karena mereka pada sibuk menyelamatkan barang barang miliknya agar terhindar dari genangan air banjir.

Seorang ibu rumah tangga warga sekitar, Laila Hawati (62) ketika dihampiri Monalisa menuturkan, Pendangkalan parit pembuangan yang ada disamping perumahan Sitio-tio itulah sulut mengakibatkan air hujan yang datang dari arah hulu melimpah hingga kerumah rumah penduduk.

 “Sudah 17 tahun perumahan BTN Sitio-tio ini, parit pembuangan disamping perumahan ini belum pernah di keruk sehingga mendangkal. Saat ini parit pembuangan itu tidak mampu menampung debit air dari parit pemukiman penduduk di hulu sana”. Tutur Laila Hawati, diamini warga lainnya.

Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Pemkab Tapteng, Harmi Marpaung, saat dikonfirmasi Monalisa mengaku prihatin atas penderitaan penduduk kecamatan Pandan Tapteng, Harmi Marpaung berjanji, pihaknya akan segera melakukan parit pembuangan yang ada sekira 200 meter disamping perumahan BTN Graha Sitio-tio.

 “Kita akan lakukan pengerukan lumpur yang mengakibatkan pendangkalan parit pembuangan yang ada disamping perumahan BTN Graha Sitio, di Desa Sitio tio Hilir itu”. pungkas Harmi.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Senator DPD RI: “Polri Harus Hentikan Kriminalisasi Wartawan”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here