Ratusan Tahanan Kabur Akibat Oper Kapasitas, dan Arogansi Petugas

0
101 views
Tahanan yang berhasil ditangkap kembali oleh aparat kepolisian

 

MonalisaNews | Medan | -Kerusuhan yang berujung kaburnya ratusan tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5/2017) kemarin, membuat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara, Ibnu Chuldun meminta kepada setiap kepala UPT mawas diri.

Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting mengatakan agar kasus di Riau tidak terjadi di Sumut, maka Kakanwil menginstruksikan setiap kepala UPT di Sumut supaya dapat mengarahkan semua anggota atau sipir yang berhadapan langsung dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas/Rutan dengan menerapkan strategi yang lebih humanis demi tercipta situasi kondusif.

“Kakanwil menginstruksikan hindari betul perlakuan kasar petugas dan cegah terjadinya kekerasan fisik maupun non fisik,” sebut Josua melalui sambungan telepon, Sabtu (6/5/2017).

Selain itu, seluruh kepala UPT diminta mengarahkan seluruh anggotanya di Lapas/ Rutaan untuk tidak menerapkan pungli kepada penghuninya.

“Ketika hadir ditengah WBP, tampung dan dengar semua keluhn semua penghuni. Setelah itu diskusikan dengan jajaran agar dapat menghasilkan solusi sesuai dari kemampuan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, kaburnya ratusan tahanan dari Rutan Klas II B Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau akibat kelebihan kapasitas tiga kali lipat dari jumlah normal. Para tahanan meminta pihak Rutan untuk memperbaiki sarana air, dimutasinya petugas bernama Wira yang diduga kerap melakukan penamparan serta memindahkan Kepala KPR setempat yang diduga bersikap arogan.(Red)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY