Senin, Pemko Siantar  Gelar Upacara Harkitnas  dan Ziarah Kemakam Pahlawan  

0
179 views

MonalisaNews | Siantar | – Pemerintah Kota (Pemko)  Pematangsiantar  melalui  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  akan mengelar Upacara di Lapangan Adam Malik  dan Ziarah Kemakam Pahlawan pada senin 22 Mei mendatang, demikian terungkap dalam rapat persiapan  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional                Harkitnas  Kota Pematangsiantar, Kamis (18/3) di Ruang data.

Sekretaris Daerah (sekda) Kota Pematangsiantar  Ir. Reinward Simanjuntak, MM mengatakan Peringatan harkitnas merupakan Momen untuk meningkatkan Rasa Nasionalisme “  dengan Harkitnas ini mari kita Pupuk Rasa Nasionalisme akan kecintaan kita kepada bangsa dan negara ini “ ujarnya.

Reinward bercerita, bahwa sejarah Bangsa Indonesia Merdeka mengingatkan kita pada beberapa Tokoh Pergerakan Nasional  seperti Ir. Soekarno, M. Hatta, M Yamin dan yang lainnya, yang tergabung dalam Badan Penyelidik  Usaha – usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang selanjutnya  dibentuk juga Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang pada Perinsipnya Merumuskan Dasar Negara Indonesia yakni, Pancasila  Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhineka Tunggal Ika “ jadi Sejarah sudah mencatat bahwa dulunya para Pendahulu kita sudah merancang sedemikian rupa Konsep NKRI, maka harus kita Pertahankan “ katanya.

Negara ini dibentuk dengan Konsensus (kesepakatan bersama), untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempertahankannya, sehingga saat ini kita sering menyebut dengan NKRI Harga Mati “ katanya lagi.

Lanjutnya lagi, Indonesia tersebar dengan Ribuan Pulau, Ribuan Suku serta Ribuan Bahasa, akan tetapi tetap kita satu Nusa satu bangsa dan Satu Bahasa yakni Indonesia, itulah semangat Harkitnas  “ tegas reinward.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kota Siantar, Lukas Barus mengatakan Peringatan Harkitnas dikota Siantar akan diperingati  dengan berbagai Acara seperti upacara dan Ziarah kemakam Pahlawan.

Berita Terkait: 👉  Ratusan Warga Sidamanik Keracunan

“ tanggal 22 Mei 2017 Pagi kita akan Gelar Upacara di lapangan Adam Malik, lalu lanjut  Ziarah kemakam Pahlawan”  tegas Lukas

Ditambahkannya “ semangat Harkitnas hendaknya dapat meningkatkan Rasa kebangkitan khususnya bagi Kawula Muda seiring dengan perkembangan teknologi saat ini “ tegas Lukas.

Rapat Persiapan Harkitnas dikuti berbagai Instansi terkait, Tokoh pemuda,dan lain – lain, turut mengikuti Rapat Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kota Siantar yang baru Gilbert Ambarita, SH.(Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here