Bupati Tapteng Baktiar A Sibarani Paparkan 10 Poin Program Prioritas

0
467 views
Keterangan Foto: Pj Bupati Tapteng Drs Bukit Tambunan MAP (kiri) disaksikan Asisten I Provinsi Sumut (tengah) menyerahkan memori jabatan Bupati Tapteng kepada Baktiar A Sibarani didampingi Wakilnya Darwin Sitompul, Rabu 24/4 di Gedung DPRD Tapteng Pandan

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng | – Sebagai Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) periode 2017-2022, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan pidato perdananya dalam rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Tapteng, Rabu (24/5) di Pandan. Bakhtiar menjabarkan bahwa permasalah utama di kabupaten yang terletak di pesisir Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut) itu, adalah ketertinggalan pembangunan, khususnya infrastruktur. Kemudian angka kemiskinan yang tercatat mencapai 15 persen pada tahun 2015.

“Penanganannya harus bersifat lintas sektoral dan lintas SKPD (OPD) agar hasil pembangunan berdampak langsung kepada masyarakat miskin. Kemudian menjalin sinegitas program dengan pemerintah pusat, provinsi, dan daerah tetangga” kata Bupati.

Ada 10 poin prioritas program kerjanya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tapteng Baktiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul yang disingkat BADAR yang baru dilantik Senin 22/5 ini yang akan dilaksanakan sebagai perwujudan visi dan misinya yang akan dicatatkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJD).

Pertama, menciptakan pemeritahan yang bersih, berwibawa dan inovatif. Kedua, tersedianya infrastruktur publik yang memadai dan efektif. Ketiga, meningkatkan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu bagi masyarakat. Lalu, menyediakan pendidikan gratis 12 tahun dan meningkatkan mutu pendidikan yang berdaya saing. Kelima, menumbuhkembangkan perekonomian rakyat menuju kedaulatan sumber daya alam.

Selanjutnya keenam, memperkokoh kerukunan kehidupan beragama dan budaya yang lestari. Ketujuh, menciptakan dunia usaha dan investasi yang adil dan pro rakyat. Lalu, mengembangkan potensi wisata secara serius menuju peningkatan ekonomi rakyat. Kesembilan, tersedianya kebutuhan petani dan nelayan yang cukup dan memadai. Dan terakhir, terwujudnya rumah sehat bagi warga miskin dan santunan kematian bagi masyarakat.

Baktiar juga menyampaikan akan tetap memperjuangkan peningkatan industri di kawasan Labuan Angin Tapian Nauli, kawasan minapolitan, pengembangan budidaya perikanan, swasembada pangan, pengembangan bandara Dr FL Tobing Pinangsori, pengembangan kawasan wisata situs sejarah dan cagar budaya yang ada di Tapanuli Tengah. “Semua itu diharapkan dapat menjadi pusat-pusat pertumbuhan guna menggerakkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat”. Sebut Baktiar.

Berita Terkait: 👉  Kerja Politik Tim Relawan JR Saragih di Bulan Suci Ramadhan, Bedah Rumah 'Sahdan' Warga Sei Putih Kabupaten Batubara

Pada kesempatan itu Bupati menghimbau agar seluruh elemen pemerintah daerah dan masyarakat untuk  bersinergi demi terwujudnya keberhasilan pembangunan. “Mari kita bersatu padu membangun dalam keharmonisan”. Imbuhnya.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here