Tuesday, 12/12/2017 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Objek Wisata Alam Sampuran Siringgare Di Tapteng Dipadati Pengunjung Pengunjung Harapkan Perhatian Pemkab Tapteng Untuk Pembangunan Akses Jalan

Objek Wisata Alam Sampuran Siringgare Di Tapteng Dipadati Pengunjung  Pengunjung Harapkan Perhatian Pemkab Tapteng Untuk Pembangunan Akses Jalan

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng | – Setiap hari libur, hari natal dan Tahun Baru, khususnya menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, Objek wisata alam Sampuran (air terjun) Siringgare di Dolok (bukit) Bunga, di Desa Pardomuan Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) di padati pengunjung dari berbagai daerah di luar Tapteng, bahkan dari luar Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Meski akses jalan sampai ke lokasi sampuran Siringgare yang berjarak skitar 3 km dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Tapteng – Aceh Singkil NAD belum selesai menggunakan dana PNPM tahun 2014, Dana Desa tahun 2015 dan tahun 2016 namun tidak mengurangi semangat pengunjung untuk berwisata sekaligus mandi mandi dan membersihkan diri memasuki bulan suci ramadhan.

Menurut Hadi Simatupang, warga Sp 3 Kelurahan Bajamas kecamatan Sirandorung Tapteng, Sampuran Siringgare, lebih dikenal sampuran Dolok bunga ini setiap hari libur, hari besar Natal Tahun Baru, Memasuki bulan puasa atau pun setelah lebaran selalu di padati pengunjung. “Sebab, disekitar tebing air tejun tersedia fasilitas alami untuk melompat, dan di sekitar lokasi terjunnya air sungai Siringgare secara alami tersedia tempat berenang mulai dari anak anak, remaja, dewasa bahkan orang tua”, sebut Hadi yang duduk dikelas VI SD dan sudah sering berwisata bersama orang tua dan saudaranya di Sampuran Siringgare.

Hal yang sama dikatakan Kanit Binmas Polsek Manduamas Tapteng, Aiptu Samwidi, saat memantau ketertiban dan keamanan pengunjung di Sampuran Siringgare. Dikatakan Samwidi, objek wisata Sampuran Siringgare luar biasa bagus dan indah, airnya jernis dan sejuk. Disekitar Air Terjun ada pohon pohon yang rindang dan menghijau.

“Sampuaran Sirinngare Luar biasa tingginya,  berbagai fasilitas secara alami tersedia. ada tempat wisata yang menjadi daya tarik kalangan masyarakat. Menurut informasi yang saya peroleh, bahkan sudah menjadi ciri khas dari beberapa tahun lalu. Namun sangat kita sayangkan, akses jalan menuju Siringgare belum memadai, hendaknya pemerintah dapat mengalokasikan anggaran untuk pembukaan akses jalan demi keselamatan pengunjung”. kata Samwidi.

Samwidi mengaku baru kali pertama menginjakkan kakinya di Sampuran Siringgare, dan dia mengaku mengaguminya, Namun selaku Petugas dari Polres Tapteng sebagai Kanit Binmas di Polsek Manduamas ini sangat kawatir keselamatan pengunjung di Sampuaran Siringgare.

“Ini cuaca masih bagus, bagai mana bila hujan deras turun di hulu Dolok Bunga, sudah tentu sungai Siringgare meluap. Sementara pengunjung sedang asiknya mandi mandi. Debit air sungai meluap, tentu para pengunjung akan kesulitan untuk mendapatkan jalannya pulang ketempatnya masing masing”. tukas Samwidi.

Hal tersebut dibenarkan Oppung Parulian (63) warga sekitar, seraya berharap. Hendaknya Pemerintah Kabupaten Tapteng dapat memperioritaskan anggaran untuk pembangunan akses jalan menuju lokasi Sampuran Siringgare sebelum ada kejadian yang tidak diharapkan pengunjung.(*)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *