Pemkab Tapteng Peringati Harlah Pancasila Ke-72 Tahun 2017

0
141 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng | – Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Ke-72, Kamis 1 Juni 2017 digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng). Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) di Lapangan Bola Kaki Pandan.

Upacara Harlah Pancasila diawali dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih oleh siswa siswi SMA Matauli Pandan, Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembacaan UUD 1945.

Pembacaan Keputusan Presiden nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs. Antonius Simanjuntak.

Dalam amanat Presiden RI Indonesia Joko Widodo yang dibacakan oleh Bupati Tapteng Bakhtiar A Sibarani menyampaikan, upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam, Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita”.  Kata Bupati Baktiar.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here