JR Saragih ” Masyarakat Sehat maka Perekonomian Dapat Meningkat

0
144 views

MonalisNews | PEMATANG RAYA | – Pelayanan kesehatan menjadi salah satu pilar utama program Bupati Simalungun JR Saragih. Pasalnya, tahun 2017 ini JR Saragih menambah empat puskesmas baru diwilayah Kabupaten Simalungun.

Kepala Dinas Kesehatan Simalungun Jan Maurisdo mengatakan sejak kepemimpinan JR Saragih sebagai kepala daerah di Kabupaten Simalungun, terus melakukan penambahan puskesmas dengan harapan agar masyarakat mudah menggapai pelayanan kesehatan.Adapun penambahan puskemas yang baru berada di Parbutaran, Nagori Bandar di Perdagangan, Bandar Tinggi yang ada di Nagori Bandar Masilam dan di nagori Batu Onom.

“ Setelah terjadi pemekaran dari 34 menjadi 46 puskesmas, sehingga ada penambahan puskesmas mencapai 12 puskesmas,” ujar dr yang selalu akrab dipanggil Koteng ini, Senin (5/6/2017).

Jan Maurisdo menambahkan pemerintahan Kabupaten Simalungun, terus melakukan perubahan dalam melaksanakan pelayanan masyarakat dari sisi kesehatan. Terlebih, untuk 2017 dengan membangun gedung puskesmas yang baru dan itupun baru terealisasi sebanyak empat puskesmas.

“Kita menambah jumlah puskesmas sebanyak empat puskesmas dari 12 puskesmas. Hal ini dimaksudkan agar pemerintahan Kabupaten Simalungun bisa melihat perkembangan puskemas tersebut, sehingga pantuan kesehatan dengan mudah dapat dilakukan. Untuk penambahan gedung baru akan terus dilakukan,” jelasnya.

Selain itu, penambahan puskesmas ini dilakukan karena dilihat dari sisi letak geografis, kemudian kemudahan masyarakat dalam berobat jadi lebih mudah sehingga masyarakat tak lagi kebingungan untuk berobat. Kemudian, dari sisi bentuk puskesmas tetap mengikuti peraturan dari kementerian puskesmas di mana seluruh puskesmas yang baru harus bisa melayani kartu BPJS Kesehatan.

Untuk tenaga medis, pihak pemerintah Kabupaten sudah menetapkan sebanyak 35 pegawai puskesmas yang siap melayani masyarakat. Jumlah ini sudah termasuk dokter, perawat, bidan, serta proses administrasinya.

Berita Terkait: 👉  Kapolres Kembali Serahkan Septor Kepada Bhabinkamtibmas Polres Simalungun

Bupati Simalungun JR Saragih terus berupaya menjadikan masyarakat di Kabupaten Simalungun dapat mendapatkan haknya yang sama dari sisi kesehatan. Baginya, bila masyarakat selalu hidup sehat maka pertumbuhan perekonomian akan terus meningkat.

“Kesehatan itu bagi saya tidak bisa ditoleransi, dengan masyarakat hidup sehat maka mereka (masyarakat-red) bisa melakukan aktifitasnya dalam memenuhi kehidupan sehari-harinya. Pelayanan kesehatan di puskesmas juga harus berlangsung dengan baik, puskemasnya pun juga harus bersih karena ini berhubungan dengan kesehatan,” ujarnya. (Red)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY