Menjelang Lebaran, Minimalisir Macet & Bencana

1
154 views

Dishub Tapteng Larang Truk Beroperasi & Tempatkan Petugas dan Peralatan Dilokasi Rawan Longsor / Banjir

 

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MonalisaNews | Tapteng | – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H (Lebaran) Dinas Perhubungangan (Dishub) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) melarang truk ber-operasi agar kelancaran pemudik jalan lintas sumatera (Jalinsum) via Pantai Barat Sumatera Utara tidak terganggu

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Tapteng, Drs Kapider Siringoringo, saat dihubungi Monalisanews, Sabtu (17/6) mengatakan, larangan tersebut sesuai peraturan Pemerintah Pusat guna memperlancar lalu lintas selama Lebaran 2017, selain jenis truk pengangkut sembako, pengangkut BBM, pengangkut ternak, pengangkutan kantor Pos. Beberapa jenis angkutan barang truk, yakni truk yang mengangkut bahan bangunan, truk gandeng, dan container dilarang beroperasi mulai H-4 hingga H+4 Lebaran, atau mulaitanggal 21 hingga 29 Juni.

“Larangan tersebut sesuai peraturan dari pemerintah pusat, beberapa jenis angkutan barang dilarang beroperasi mulai H-4 hingga H+4 Lebaran atau 21-29 Juni 2017″. kata Kapider Siringoringo.

Menurut Kadishub, larangan ber-operasinya bagi kendaraan truk tertentu ini berlaku untuk semua jalan jalur mudik. Bahkan tidak hanya di Tapteng saja, namun juga daerah-daerah lain.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran arus lalulintas pada musim mudik dan balik Lebaran 1438 H. Kami berharap imbauan larangan truk beroperasi pada H-4 dan H+4 dapat ditaati guna kelancaran arus lalu lintas”. imbuh Kapider.

Kapider menghimbau, agar sopir atau pengusaha kendaraan truk pengangkut bahan bangunan, truk gandengan dan truk container agar dapat mematuhi peraturan ini. Tetapi, terkecuali truk mengangkut sembako, truk mengangkut BBM, truk mengangkut ternak dan truk mengangkut antar pos.

“Terkait hal ini sudah kita bahas bersama pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya seperti Organda pada, Jumat (16/6)”. kata Kapider.

Berita Terkait: 👉  Ini Komentar Masyarakat Soal JR Saragih

Masih menurut Kadishub, pada rapat kemarin, juga dibahas pembentukan Pos pengamanan dan pelayanan. Pos Pam akan dibuat di tiga lokasi yakni sekitar Pantai Bosur, Pinangsori dan Bonan Dolok. “Pos Pam dan pelayanan ini akan didirikan pada 19 Juni nanti”. ujarnya.

Kadishub Tapteng ini juga mengatakan, bahwa persiapan menghadapi mudik dan balik lebaran ini, pihaknya akan menempatkan peralatan ditempat yang dianggap rawan, seperti rawan banjir dan longsor.(*)

 

 

 

 

 

 

1 KOMENTAR

  1. I have checked your website and i have found some duplicate content, that’s why you don’t rank
    high in google, but there is a tool that can help you to create 100% unique articles, search for:
    Boorfe’s tips unlimited content

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here