Kemarau Panjang Melanda Wilayah Tapteng Warga  Menempuh Perjalanan 7 Km Untuk Mendapatkan Airbersih

2
193 views
Sumur warga sudah kering akibat kemarau panjang melanda wilayah Tapteng.

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng | – Kemarau panjang melanda  Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan memasak dan mencuci karena sumur milik warga sudah kering.

Meski Bak penampung air bersih sudah banyak berdiri kokoh di bangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng, namun tidak berarti masyarakat dapat menikmati air besih.

Bumi Tapteng kaya sumber air, tetapi bak penampung air bersih yang dibangun pemerintah ini jarang bermanfaat karena tidak berfungsi, sehingga pada musim kemarau sebulan

Tampak warga sibuk mengambil air bersih dan mencuci di Sungai Pardomuan di Desa Pardomuan Kecamatan Sirandorung Tapteng.

terakhir ini terpaksa warga mencari air bersih dengan menempuh perjalanan 5 sampai 7 kilo meter baru bisa mendapatka air bersih untuk keperluan rumah tangga dan mencuci peralatan dapur dan pakaian.

Saat awak Monalisanews menghampiri warga Desa Sampang Maruhur, Desa Siodang warga Kelurahan Bajamas, dan warga Simpang Tiga Lae Bingke Kecamatan Sirandorung Tapteng, ketika mereka sibuk mengambil air dan mencuci pakaian, maupun peralatan dapur disungai Pardomuan di Desa Pardomuan kecamatan yang sama, Kamis (6/7).

Mereka mengaku sumur milik mereka sudah kering akibat  kemarau yang berkepanjang sebulan belakangan ini.

Lagi pula, kata mereka, bak penampung air yang dibangun pemarintah di kampungnya tidak berfungsi dan tidak ber-isi air. “Kami terpaksa menempuh perjalanan sejauh 7 kilo meter untuk mendapatkan air bersih”. Tukas bermarga limbong warga Desa Sampang Maruhur.

Hal yang sama dikatakan warga bermarga Tumanggor penduduk Desa Simpang Tiga lae Bingke, dan Oppung Parulian dari Kelurahan Bajamas,  kekeringan diakibatkan kemarau panjang ini sangat menyusahkan masyarakat, terpaksa mereka mengangkut air bersih dengan jerigen pakai sepeda motor dengan perjalanan 6 kilo meter  agar ada air dipakai dirumah untuk keperluan memasak.

“Hendaknya pemerintah memperhatikan kesulitan masyarakat Tapteng ini. Begitu kayanya sumber air bersih di wilayah Tapteng, Ironisnya, bak penampung air bersih hanya berdiri tegap di bangun pemerintah di mana mana, tetapi tidak berarti keperluan air bersih masyarakat terpenuhi,” pungkas Oppung Parulian.

Berita Terkait: 👉  Apakah Ini Sebagai Isyarat, Pasangan Cagubsu JR Saragih-Ance Dua Kali Tidak Memenuhi Syarat (TMS)

Lanjutnya, kami berharap dengan kepemimpinan Baktiar, persoalan air bersih dikala musim kemarau seperti saat ini dapat teratasi. ” untuk apa bak penampung dibangun tapi sumber air tersebut tidak berfungsi, ini diharapkan menjadi PR Bupati kedepan, jangan lagi proyek sarana air bersih dibangun tapi tidak bermanfaat buat masyarakat,”tegasnya. (*)

 

2 KOMENTAR

  1. Ԝhat i do not realіze is if trutһ be told how you’re no longer actually a lot morе weⅼl-likeⅾ
    than you may be now. You’re very intelⅼigent. You realize therefore signifіcantⅼy relating to this subject, produced me for
    my part believe it from numеrous numer᧐us angles.
    Its like women and men don’t seem to be involved until it’s one thing to
    accomplish witһ Woman gaga! Your indiᴠidual stuffs great.
    Always care for it up!

  2. Hi therе, і read your blog frߋm timе to time and i own a similar one and i was just curious
    if yߋu get a lot of spam responses? If so how dⲟ yⲟu
    stop it, any plugin or anything you cаn advise?
    I get so much lately it’s driving me mad
    so any help is very mucһ аρpreciated.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here