Plh.Walikota Pematangsiantar Sampaikan Nota Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD

0
196 views

Oleh Elfa

Monalisanews | Siantar | – Plh.Walikota Pematangsiantar Hefriansyah,SE.MM menyampaikan Nota Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD Kota Pematangsiantar terhadap Nota keuangan atas rencana peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016, Selasa (11/7/2017) di ruang sidang dewan.

Dalam rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak SE, didampingi Wakil Ketua Timbul Marganda Lingga SH, Plh Wali Kota Hefriansyah menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan nota jawaban.

Menanggapi pertanyaan fraksi-fraksi DPRD tentang anggaran belanja APBD Kota Pematangsiantar tahun anggaran 2016 sebesar Rp.1.072.521.441.513,28 dengan realisasi sebesar Rp.940.141.429.606,79 serta alokasi belanja sesuai urusan pemerintah berdasarkan fungsi pelayanan SKPD sebesar Rp.1.045.908.556.275,53 maka realisasi sebesar Rp.914.172.399.135,79 dapat dijelaskan bahwa sisa dana tersebut merupakan hasil efisiensi penggunaan anggaran di lingkungan SKPD serta adanya beberapa kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan akibat keterlambatan penetapan P-APBD tahun anggaran 2016.

Serta atas pandangan umum fraksi-fraksi tentang penyelesaian masalah lahan Eks PTPN III seluas ± 573 Ha bahwa sampai dengan saat ini Pemerintah Kota Pematangsiantar akan terus mengupayakan pelepasan hak atas areal tersebut guna menunjang pengembangan kawasan perkotaan yang sangat strategis sebagai daerah pertumbuhan sekunder.upaya pelepasannya telah menghasilkan beberapa rekomondasi pelepasan dan penghapusan dari pihak PTPN III yang selanjutnya akan kita menindak lanjutinya melalui penyerahan aset oleh Kementrian BUMN.

Dan terkait pemasalahan bangunan yang dibangun di atas lahan yang menyalahi fungsi lahan,OPD terkait telah menyurati untuk pemberhentian sementara bangunan tersebut, dan membentuk tim bersama untuk merumuskan langkah-langkah mengatasi persoalan dimaksud. demikian juga halnya dengan masalah pedagang yang berjualan di trotoar telah dilaksanakan penertipan oleh Satpol PP.

Berita Terkait: 👉  Rame-Rame Wartawan Dan Perusahaan Media Gugat Dewan Pers

Serta masalah ketegasan Pemerintah Kota Pematangsiantar tentang tata kelola taman bunga sebagai ruang terbuka hijau dan bukan lokasi berjualan dapat kami sampaikan bahwa Pemerintah telah mengalokasikan anggaran penataan dan revitalisasi taman bunga sebagai taman Kota serta taman bermain yang terbuka untuk umum.(*)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY