JR Saragih Minta Budaya Warisan Leluhur Wajib Dipertahankan

0
149 views

Oleh Ekolin

Monalisanews | ASAHAN | – Bupati Simalungun JR Saragih menghadiri Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSDB) di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Di sini, dirinya memberikan amanah agar budaya sebagai warisan leluhur harus tetap dijaga.

“Kita harus selalu menghormati orangtua kita, para pendahulu kita. Oleh karenanya, marilah kita jaga keutuhan warisan leluhur. Dengan kita menjaganya maka warisan budaya bisa dipertahankan selamanya,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih seperti diutarakan Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba saat dihubungi, Minggu (30/7/2017).

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba mengatakan dengan adanya etnis Simalungun di seluruh wilayah Sumatera Utara ini menjadi bukti bahwa kehidupan masyarakat Simalungun tidak terpaku pada satu wilayah saja sehingga bisa membuat pertumbuhan Simalungun semakin kuat.

“Tersebarnya masyarakat Simalungun di semua wilayah kian membuktikan bahwa masyarakat Simalungun bisa berkembang di mana saja, khususnya dalam menjalankan kehidupan pernikahan. Selain itu, dari sisi budaya juga bisa diperlihatkan sehingga apa yang disampaikan Bapak JR Saragih perihal warisan budaya bisa dijaga dengan baik khususnya dari sisi budaya Simalungun,” tambahnya.

Pagelaran seni dan budaya ini menampilkan 14 etnis yang ada di Asahan, Sumatera Utara mulai dari Toba, Minang, Simalungun, Jawa, Aceh, Tabagsel, Nias, India Serumpun, Sunda, Pakpak, Tionghoa, Melayu, Banjar, hingga Karo.

Untuk tahun ini, maka etnis dari Simalungun menjadi tuan rumah di pagelaran seni dan budaya tersebut. Melalui Ketua Partuha Maujana Simalungun Rajali Damanik menuturkan bahwa Simalungun menjadi salah satu peran dalam membangun Kabupaten Asahan sehingga pihaknya memberikan ucapan terima kasih kepada Kabupaten Asahan yang selalu memberikan ruang kepada etnis Simalungun yang bisa mengembangkan kreasi dan budaya di Asahan.

Berita Terkait: 👉  LEPAS SAMBUT DANREM 022/PANTAI TIMUR

“Dengan semangat baru, marilah kita membangun Asahan, keberagaman yang utuh dan kuat menjadikan Asahan semakin kuat dan lebih percaya diri,” tukasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here