Wujudkan Visi/Misi Bupati &,Wakil dan Kepedulian Sosial Bupati Tapteng

0
289 views
Bupati Tapteng Bakhtiar A Sibarani, foto bersama dengan Heri dari PT. Jasindo, Kadis Perikanan dan Kelautan Tapteng serta perwakilan keluarga Nelayan Yang Meninggal.

Bakhtiar Serahkan Klaim Asuransi Nelayan Rp 480 Jt Kepada 3 Ahli Waris Nelayan Kecil Laka Dilaut

Oleh: Syarifuddin Simatupang
Monalisanews | Tapteng | -Tiga orang ahli waris nelayan kecil di pesisir pantai Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) akibat Kecelakaan (laka) meninggal di laut saat melaksanakan beraktifitas,menerima santunan Ansuransi sebesar Rp 160 juta per- orang, Kamis (3/8) diserahkan langsung Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan (KP) Tapteng, Panusunan Pardede di Pandan.

Klaim Asuransi Sebesar 480.000.000,- diserahkan kepada 3 orang perwakilan Keluarga Nelayan yang meninggal dunia masing masing sebesar 160.000.000,- perwakilan keluarga almarhum Basri Simatupang dari Desa Tapian Nauli Kecamatan Tapian Nauli, Sapiruddin Sipahutar dari Desa Sitardas Kampung Sawah Kecamatan Badiri, dan keluarga Alm. Benson Manalu dari Desa Muara Nauli Kecamatan Sorkam Tapteng.

Bupati Bakhtiar mengatakan, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera merupakan salah satu tujuan yang tertuang dalam Visi Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng di Bawah Kepemimpinan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakilnya Darwin Sitompul, yang disingkat BADAR.

“Kami bekerja keras dan mencari Peluang peluang untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat nelayan. Maka pada Kesempatan ini menyerahan Klaim Asuransi Sebesar 480.000.000,- kepada 3 orang perwakilan keluarga nelayan yang meninggal dunia masing masing sebesar 160.000.000,-. Pergunakanlah uang ini untuk kebutuhan sehari hari, biaya pendidikan anak anak atau membuka usaha yang dapat menambah penghasilan keluarga”. imbuh Bakhtiar.

Program Asuransi Nelayan ini, lanjut Bupati, merupakan Kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan PT. Jasindo. “Untuk itu kami menyampaikan apresiasi kepada PT. jasindo yang hadir saat ini bapak Heri, kiranya kerjasama kedepan semakin kita tingkatkan khususnya untuk mempercepat pelayanan atau pencairan klaim asuransi nelayan kecil di wilayah kabupaten tapteng”. katanya.

Berita Terkait: šŸ‘‰  TANGGUNGJAWAB PENYELENGGARA PEMILU 2019 PATUT DIAPRESIASI, WALAU HARUS BERMALAM DI TEMPAT TERBUKA

Kadis K & P Tapteng, Panusunan Pardede, menjelaskan jumlah nelayan yang sudah terdaftar di Kementerian sebanyak 964 mulai tahun 2016. Dan tahun 2017 sebanyak 1013 usulan tahap pertama, baik nelayan kecil atau kapal 10 GT ke bawah, sumber dana dua program tersebut adalah dari kementerian perikanan kelautan RI bekerjasama dengan PT Jasindo dan PT. Ramayana Provinsi.

“Hingga saat ini jumlah Klaim yang dibayarkan PT Jasindo telah mencapai tujuh orang, dengan rincian meninggal dunia, enam orang, cacat permanen satu orang. Dihimbau, bagi seluruh masyarakat nelayan kecil yang belum memiliki asuransi, agar segera mengurus sebagaimana ketentuan yang telah di atur, demikian juga dengan yang sudah mempunyai asuransi agar jangan lupa memperpanjang asuransinya”. imbuh Panusunan.

Perlu dipahami, lanjut Kadis KP, yang ditanggung Ansuransi diantaranya kecelakaan kematian, cacat permanen minimal dengan jumlah klaim Rp 10 juta, maksimal 100 juta rupiah. Prosedur pengajuan klaim asuransi, yaitu melapor peristiwa yang menimpa korban kepada pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Tapteng.

“Petugas dari dinas kelautan dan perikanan tapanuli tengah akan turun kelapangan untuk men-cek kebenarannya kemudian membuat berita acara kejadian. Selanjutnya ahli waris menyiapkan atau melengkapi surat keterangan meninggal dunia dari kepala desa atau kelurahan setempat, dilengkapi dengan KTP dan KK, serta kartu nelayan”. tandas Kadis, Panusunan Pardede.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: šŸ‘‰  Bupati Soekirman Hadiri Rapat Sinkronisasi Kegiatan di Wilayah Perbatasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here