Musrenbang RPJMD TA 2017-2022 Dibuka, Bupati Tapteng Berharap Sumbang Saran Sesuai Visi – Misinya

0
135 views

Hadir Walikota Sibolga, Harapkan Kerjasama Dua Daerah

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng | – Wujudkan Visi dan Misi pasangan Bupati Tapteng, Bakhtiar A Sibarani dan Wakilnya Darwin Sitompul, disingkat “BADAR” pada pilkada Tapteng bulan Pebruari 2017 lalu.

Saat membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) TA 2017-2022, Senin (14/8) di Aula PIA Hotel Pandan. Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) berharap, semua pihak dapat memberikan sumbang saran sesuai visi misinya.

“Visi misi yang kami usung berproses dalam pembahasan penyusunan RPJMD Tapteng tahun 2017-2022 ini. Untuk itu, mari bersama-sama memberikan sumbang saran dan masukan sesuai dengan visi misi kami saat Pilkada yang lalu,” kata Bakhtiar mengawali sambutannya.

Selanjutnya dikatakan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, visi misi itu adalah hasil pemikiran dan diskusi dengan berbagai pihak. Serta dengan melihat kondisi masyarakat dan potensi sumberdaya alam yang ada.

“Visi, terwujudnya masyarakat yang berkarakter, mandiri, berakhlaq dan berkeadilan yang sejahtera. Misi menciptakan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan inovatif”. katanya.

Kemudian, tersedianya infrastruktur publik yang memadai dan efektif, meningkatkan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu bagi masyarakat, menyediakan pendidikan gratis 12 tahun dan meningkatkan mutu pendidikan yang memiliki daya saing.

Lalu, menumbuh kembangkan perekomian rakyat, menuju kedaulatan sumber daya alam berkarakter, memperkokoh kerukunan kehidupan beragama dan budaya yang lestari, menciptakan dunia usaha dan investasi yang adil dan pro rakyat, mengembangkan potensi pariwisata secara serius menuju peningkatan ekonomi rakyat, tersedianya kebutuhan petani dan nelayan yang cukup dan memadai.

“Serta terwujudnya rumah sehat bagi warga miskin dan santunan kematian bagi masyarakat Tapteng”. papar Bakhtiar.

Visi tersebut, sambung Bakhtiar, merupakan kondisi ideal yang akan dicapai dan diwujudkan kurun waktu 5 tahun mendatang. Sedangkan misi itu merupakan langkah awal dan strategi dalam mewujudkan visi.

Berita Terkait: 👉  Herawati Munthe,” Kedepan Temu Pers Seperti Ini Agar Menghadirkan Walikota dan Melibatkan Pimpinan SKPD Terkait Dalam Pembangunan Kota Pematangsiantar”

Selanjutnya Bupati menjelaskan, karakter merupakan salah satu poros pendidikan yang sangat strategis secara nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI. Karakter itulah salah satu prioritas, disamping kemandirian, akhlak dan berkeadilan yang sejahtera.

“Untuk tercapainya tujuan dan mewujudkan visi misi melalui pembahasan RPJMD ini, saya tekankan kepada SKPD Tapteng dan stakehokder yang terkait, agar serius dan memberikan masukan, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat disesuaikan dan dapat ditampung dalam program pembangunan 5 tahun kedepan”. harap Bakhtiar.

Ketua DPRD Tapteng Syahrun Pasaribu di kesempatan itu, mengajak semua unsur pemangku kepentingan untuk memanfaatkan musrenbang ini untuk menyelaraskan perencanaan pembangunan jangka menengah, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

“Saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan forum ini untuk menyelaraskan rancangan pembangunan. Setelah RPJMD disusun akan disampaikan ke DPRD untuk dibahas dan disetujui menjadi peraturan daerah”. imbuh Syahrun.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Basyiri Nasution menyampaikan, musrenbang kali ini menghadirkan narasumber Dosen Universitas Nommensen Prof Dr Monang Sitorus. Diharapkan terwujud rancangan RPJMD yang selanjutnya dievaluasi oleh Bappeda Provinsi Sumatera Utara, agar terwujud keselarasan dengan RPJMN, RPJPD, RTRW, RPJMD Provinsi dan KLHS RPJMD.

“Kemudian rancangan akhir RPJMD akan dikonsultasikan dengan Gubernur cq Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, dan diajukan menjadi peraturan daerah kepada DPRD,” jelasnya.

Walikota Sibolga Harapkan Kerjasama Dua Daerah

Pada kesempatan itu, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk yang hadir dalam kegiatan itu menuturkan, untuk meningkatkan tali persaudaraan antara Tapanuli Tengah dengan Kota Sibolga, khususnya dalam bidang pembangunan, maka pemerintah kedua daerah bertetangga ini harus bersinergi dan bekerjasama untuk saling melengkapi.

“Mengacu kepada UU Nomor 23 tersebut, RPJMD maksimal 6 bulan, namun saya lihat kecepatan Bupati Tapteng luar biasa, baru 3 bulan dilantik tapi RPJMD sudah ditetapkan. Inilah gambaran percepatan pembangunan”. tandas Walikota Sibolga.(*)

Berita Terkait: 👉  Polis Sergap 3 Pelaku Penyalagunaan Narkoba

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here