Cegah Kebakaran Hutan & Lahan

0
83 views

Polres Tapteng Gelar Rapat Koordinasi Tentang Karhutla

Oleh: Syarifudddin Simatupang

Monalisanews  | Tapteng | – Kapolres Tapteng, AKBP Hari Setyo Budi SIK MSi, pimpin langsung rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Hukum Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (15/8) di Aula Polres Tapteng, di Pandan.

Hadir pada rapat tersebut, Dandim 0211/TT Letkol Corry Sigalingging, para Kapolsek se-Tapteng, camat, lurah, kades serta pimpinan instansi terkait dari Pemkab Tapteng.

AKBP Hari Setyo Budi, dalam arahannya sampaikan, bahwa kepedulian dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, sangat penting dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan serta keamanan dan kenyamanan masyarakat, oleh karena itu perlu ada terobosan-terobosan yang tepat untuk mengantisipasinya.

“Dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, sangat perlu untuk ditingkatkan, mengingat banyaknya potensi kebakaran diwilayah Kabupaten Tapteng, maka dari itu perlu kerjasama yang baik antara pihak TNI/Polri, BPBD, Damkar, maupun komponen lainnya. Inilah yang harus kita benahi kedepannya sebelum masyarakat mempertanyakan apa sih fungsi Satgas Karhutla itu sebenarnya.?”. kata Kapolres Tapteng.

Kapolres selanjutnya mengatakan, untuk kedepannya diharapkan semua pihak lebih berperan aktif, meningkatkan alat-alat pemadam yang lebih efektif sesuai dengan lokasi yang dihadapi, sehingga akan mudah menjangkau daerah yang sulit.

“Kami harapkan semua pihak harus berperan aktif, jika ada alat-alat pemadam yang efektif sesuai dengan medan yang dihadapi, segeralah direalisasikan. Kepada para camat, lurah dan kades juga harus lebih aktif untuk bersosialisasi kepada masyarakatnya mengenai bahaya kebakaran hutan dan lahan”. imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Dandim 0211/TT Letkol Corry Sigalingging menyampaikan, mendukung penuh program yang telah di sampaikan oleh Kapolres Tapteng, serta mengajak seluruh komponen, baik dari pihak TNI/Polri, Pemda dan masyarakat untuk sama-sama meningkatkan kepedulian tentang pencegahan kebakaran hutan ini.

Berita Terkait: 👉  Nazar Kepada Almarhum Ahmad Yunus Sibarani, Keluarga Besar Bupati Bakhtiar A Sibarani Bangun Mesjid Di Ujung Batu Barus Tapteng

“Apa yang disampaikan oleh Pak Kapolres, sangatlah kita dukung, dimana selama ini yang paling aktif melakukan pemadaman  adalah anggota Kodim dan Polres Tapteng, sementara yang lain pada kemana.?. Inilah yang harus dibenahi. Camat, lurah dan kades harus lebih jeli memantau dan memperhatikan wilayah masing-masing yang merupakan rawan kebakaran”. tegas Dandim.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY