Hindari Cuaca Kurang Baik, Walikota Lepas Jemaah Calhaj Sibolga Sehari Lebih Awal

0
119 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Sibolga |- Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, melepas rombongan jemaah calon haji (calhaj), Senin (14/8) dari depan Mesjid Agung Kota Sibolga.

Sebanyak 36 jemaah calon haji asal Kota Sibolga diberangkatkan menuju Asrama Haji Medan menggunakan pesawat dari Bandara FL Tobing Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) – Bandara Kualanamu Medan.

Pada kesempatan itu, Syarfi Hutauruk, mengajak seluruh jemaah untuk menjalankan ibadah di tanah suci dengan khusuk dan ikhlas. Manfaatkan semua momen penting untuk memperteguh iman dan taqwa dihadapan Allah SWT.

“Diharapkan juga, seluruh jemaah menjaga kesehatan, sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah. Kita berdoa, seluruh jemaah mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda, serta selamat kembali ke tanah air, sehingga dapat berkumpul dengan orang-orang tersayang”. kata Syarfi.

Wali Kota menambahkan, Pemberangkatan dilakukan lebih cepat satu hari, karena faktor cuaca yang tidak menentu saat ini. Harusnya jemaah berangkat naik bus, tetapi jemaah ini sudah ada yang berumur, jangan nanti baru sampai Medan saja sudah sakit-sakit, jadi diberangkatkan pakai pesawat.

“Para jemaah calon haji tersebut tidak akan langsung masuk ke Asrama Haji Medan. Para jemaah akan menginap satu malam di Mess Pemko Sibolga, menunggu jadwal yang sudah ditetapkan oleh embarkasi Medan”. kata Syarfi.

“Semua akan mendapat tempat, tidak perlu tambah bayaran, makanan dikasih, tidak dipungut biaya apapun, semuanya ditanggung Pemko Sibolga, termasuk ongkos pesawat dari Sibolga ke Medan dan sebaliknya”. katanya.

Syarfi juga kembali berpesan agar para jemaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah, mengingat suhu ekstrim di tanah suci yang sedang berlangsung

“Suhu udara diperkirakan mencapai 39-41 derajat celsius. Tapi jangan takut dan jangan khawatir, dengan niat dengan dzikir, semuanya akan lewat itu. Perbanyak minum air putih, banyak makan jeruk, dan selalu jaga kesehatan”. imbuhnya.

Berita Terkait: 👉  Anak Pegawai RSU Djasamen Saragih Manfaatkan Fasilitas Kantor Pada Jam Kerja

Kakan Kemenag Kota Sibolga sekaligus kepala staf urusan haji Sibolga, Mardinal Tarigan, mengungkapkan, calon haji reguler asal Kota Sibolga berjumlah 36 orang, terdiri dari 9 laki-laki dan 27 perempuan. Jemaah tertua bernama Ramlah Hutagalung (74 tahun) dan yang termuda Ardayani Ritonga (39 tahun). “Seluruh jemaah haji telah dibina dan telah melakukan manasik haji sebanyak 10 kali”. kata Mardinal.

Kakan Kemenag menjelaskan, para jemaah calon haji kota Sibolga akan tergabung dalam kloter 18 dan bergabung dengan jemaah calon haji asal Kota Medan dan Kota Padangsidimpuan. Kloter ini akan berangkat 16 Agustus 2017.

“Berangkat tanggal 16 Agustus pukul 15.35 WIB dan tiba di Jeddah pada hari yang sama sekitar 19.30 waktu Arab Saudi”. jelasnya.

Proses pemberangkatan jemaah calon haji itu juga dihadiri, Ketua TP PKK Sibolga, Hj Delmeria Syarfi Hutauruk, Wakil Walikota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul, anggota DPRD Sibolga, Hendra Sahputra dan sejumlah pejabat Pemko Sibolga lainnya.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here