50 Kapal Tradisional Danau Toba Ikuti Upacara

0
449 views

Oleh Ekolin

Monalisanews | PARAPAT |- Dalam perayaan kemerdekaan Indonesia ke-72 di Kabupaten Simalungun ada yang menarik untuk dilihat. Pasalnya, sebanyak 50 kapal khas Danau Toba ikut meramaikan perayaan kemerdekaan Indonesia ke-72 di Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

50 kapal khas Danau Toba ini terlihat merapat dibibir Pantai Bebas Parapat ,turut serta dalam pelaksanaan upacara hari kemerdekaan Indonesia ke-72.

Pantoan Monalisa, seluruh 50 kapal khas Danau Toba diisi oleh seluruh pelajar, pimpinan SKPD, masyarakat ,serta OKP dan Ormas yang ada di Kabupaten Simalungun. Tak itu saja, kapal tersebut juga dihiasi bendera merah putih menandakan hari kemerdekaan Indonesia.

Kapal-kapal tersebut bukan hanya kapal tradisional maupun kapal khas Danau Toba saja, bahkan kapal-kapal modern seperti KM Sinar Toba, KM Tampo 1, KM Berjona, KM Saurtua ikut meramaikan perayaan kemerdekaan Indonesia ke-72 di Pantai Bebas di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Menurut Yaman Sihite selaku Wakil Koordinator Kapal Ops. Marihat permai mengutarakan seluruh kapal yang ikut dalam perayaan kemerdekaan Indonesia ke-72 merupakan kapal-kapal yang selalu stand by di Kabupaten Simalungun.

“Semua kapal di sini dengan rute ke seluruh wilayah Danau Toba di Sumatera Utara, semua kapal ini dari Kabupaten Simalungun,” ucapnya Kamis (17/8/2017).

Keberadaan kapal tersebut telah bersiap siaga di Pantai Bebas, Parapat,sejak pukul 06.00 WIB.”Untuk satu kapal bisa berisi hingga 60 orang dan dikali 50 kapal sehingga bila di total secara keseluruhan maka berjumlah 300 orang,” lanjutnya.

Sementara itu, Siswi SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Glady Marbun merasa bangga bisa menjadi bagian dari upacara hari kemerdekaan Indonesia ke-72.

“Kami merasa bersyukur bisa ada di atas kapal khas Danau Toba ini, apalagi ini baru pertama kali dilaksanakan di Pantai Bebas. Terima kasih kepada Bapak JR Saragih yang melaksanakan perayaan kemerdekaan di Parapat sehingga bisa menambah daya tarik wisatawan jauh lebih banyak lagi,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here