Dianggap Tidak Menghormati Pesta Rondang Bittang JR Saragih ” Berang ” Menganulir Para Juara

0
327 views

Oleh Andi Irwanto

MONALISANEWS | PARAPAT | – Pesta Rondang Bintang ke-32 di Pantai Bebas, Parapat Kabupaten Simalungun salah satu perhelatan bergengsi dan menjadi klender tetap Pemkab Simalungun ternyata dari tahun ketahun tidak ada peningkatan dan hanya menjadi ajang pesta para pejabat.

Pesta Budaya yang diharapkan dapat menarik animo masyarakat khususnya wisatawan lokal maupun manca negara tidak mendapatkan hasil maksimal, pesta rondang tersebut hanya didominasi para peserta dari masing masing Kecamatan Sekabupaten Simalungun. Nilai jual Pesta Budaya Simalungun tersebut sepertinya gagal dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata sebagai penanggung jawab kegiatan.

Pasalnya Kecamatan sebagai peserta sudah tidak lagi menghormati perhelatan akbar tersebut.Pesta Budaya yang diharapkan dapat menggali potensi Kebudayaan Simalungun bagi Generasi Muda mulai tergerus dengan derasnya budaya asing yang mempengaruhi lingkungan dan kehidupan anak bangsa.

Akibatnya, JR Saragih “berang”, dirinya menganulir para juara pesta tersebut, dan menobatkan Kecamatan Silou Kahean sebagai juara umum.

Seperti diketahui, seharusnya yang menjadi juara umum adalah Kecamatan Raya dan juara kedua yakni Kecamatan Bosar Maligas namun dua kecamatan ini datang ke panggung untuk mengambil hadiah hanya diwakilkan camatnya saja.

Melihat hal ini, sontak membuat Bupati Simalungun JR Saragih menjadi emosi. Pasalnya, dua kecamatan tersebut menganggap Pesta Rondang Bintang hanya sebatas kegiatan seremonial semata. Alhasil, dua kecamatan tersebut digugurkan.

“Budaya adalah perbuatan dan tingkah laku bukan sebatas pakaian, melainkan melalui tingkah laku dan perbuatan.misalnya kecamatan Raya dan Bosar Maligas tidak ada orangnya yang datang hanya diwakilkan camatnya saja. Bagi saya ini gugur, karena saya ingin mereka belajar memiliki etika dan bukan menganggap Pesta Rondang Bintang sebatas ceremonial,” tegas Bupati Simalungun JR Saragih di penutupan Pesta Rondang Bintang ke-32 di Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (20/8/2017).

Berita Terkait: 👉  Percepatan Sertifikat Tanah,

JR Saragih mengatakan bahwa tahun ini menjadi pelajaran berharga buat Kabupaten Simalungun agar melaksanakan Pesta Rondang Bintang dengan serius bukan dianggap sebelah mata.

“Kalah atau menang semua harus tampil. Harus saling menghargai, jangan tinggalkan camat kalian di sini karena kesetiaan dibutuhkan untuk membangun budaya di Indonesia dan itu harus ditanamkan di Simalungun,” urainya.

Alhasil, dengan digugurkan Kecamatan Raya dan Bosar Maligas, maka otomatis juara umum Pesta Rondang Bintang ke-32 yakni Kecamatan Silou Kahean yang menempati juara dua menggeser Kecamatan Raya akibat dianulir, kemudian Kecamatan Bosar Maligas diganti oleh Kecamatan Purba dan juara ketiga adalah Kecamatan Bandar Huluan.

Adapun pemenang Pesta Rondang Bintang ke-32 lainnya, yakni: Demban Gundringan diraih oleh Kecamatan Raya, Gunung Maligas, dan Panombeian Panei. Lalu untuk Tor-Tor Husihan diraih Silou Kahean, Raya, Gunung Malela.

Lalu untuk Hagualon diraih Dolok Silau, Panombeian Panei, dan Sidamanik. Kemudian Taur-Taur yakni Raya, Silou Kahean, Silimakuta. Selanjutnya penyanyi trio yaitu Raya, Panombeian Panei, serta Purba. Untuk busana modifikasi adalah Raya, Siantar, Tanah Jawa. Kemudian tarian Tor-Tor direbut Tapian Dolok, Purba, Bandar Huluan. Adapula tarian Tor-Tor Marilah yaitu Raya, Purba, serta Silimakuta.

Dari sisi olahraga tradisional margala untuk putra diraih Silou Kahean, Haranggaol, dan Bandar Huluan. Sementara kelas putri yakni Silou Kahean, Dolok Panribuan, Bandar Huluan.

Selanjutnya Marsaleper, kelas putra diraih  Bosar Maligas, Pematang Bandar, dan Purba. Buat kelas putri, Silou Kahean, Girsang Sipangan Bolon, dan Raya. Terakhir, Marjalekat diraih Silou Kahean, Gunung Malela, serta Hatonduhan.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  “Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun”.Ayahanda Bupati Tapteng Bakhtiar A Sibarani Tutup Usia 76 Tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here