Perkenalkan Budaya Pesisir Tapteng Melalui Pesta Bertajuk ‘Oi Dusanak’

0
250 views

Bupati & Wakil Dengan Ketua dan Wakil TP-PKK Tapteng Menjadi Anak Daro & Marapule


Pesta Budaya ‘Oi Dusanak’ yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Pariwisata untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Tengah Ke-72 tahun 2017 di Objek Wusata Pantai Bosur di Pandan.

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Busana pengantin Anak Daro dan Marapule, sesuai adat pesisir Teluk Tapian Nauli di Pantai Barat Sumatera Utara dipakai Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani dengan Ketua TP-PKK, Nyonya Citra Baktiar Sibarani.

Pakayan pengantin pesisir ini juga dugunakan Wakil Bupati Darwin Sitompul, bersama Wakil Ketua TP-PKK Tapteng, saat pembukaan pesta Budaya Pesisir bertajuk “Oi Dusanak”, dalam menyambut Hari Jadi (HJ) Pemkab Tapteng ke-72 tahun 2017, tampak hadir Ketua DPRD Tapteng, Syahrun Pasaribu, Selasa  di Objek Wisata Pantai Bosur Pandan, Tapteng.

Bupati Bakhtiar A Sibarani dalam sambutannya dikatakan, Pemkab Tapteng akan menggelontorkan anggaran tahun 2018 sebesar Rp60 miliar untuk perbaikan dan penataan Kota Pandan sebagai ibukota kabupaten. Penataan dimulai dari sektor penerangan jalan, hingga infrastruktur dan objek-objek wisata.

“Kepada Ketua DPRD saya sampaikan juga, kami sedang merancang pembangunan Kota Pandan pada tahun 2018 yang akan datang. Ibu kota Tapteng ini kita bangun, yang benar-benar ada ibukota kabupaten, biar bisa dilihat dan dinikmati wisatawan yang datang ke Tapanuli Tengah,” kata Bupati.

Bakhtiar juga berharap, Ketua DPRD Tapteng, Syahrun Pasaribu mendukung realisasi penganggaran untuk program tersebut. “Kami berharap kepada pimpinan dan anggota DPRD Tapteng, semoga kali ini bisa terwujud. Dan mungkin kami siapkan dana sekitar Rp 60 miliar,” harap Bakhtiar.

Pada kesempatan itu, Bupati Bakhtiar berpesan kepada panitia pesta, yakni Dinas Pariwisata Tapanuli Tengah, agar terus meningkatkan gelaran even budaya lokal demi memperkenalkan Tapanuli Tengah kepada para wisatawan.

“Selanjutnya saya harap tidak begini lagi ya Bu Nursyam (Kadis Pariwisata Tapteng-red), kegiatan seperti ini sangat bagus dan luar biasa untuk memperkenalkan Tapanuli Tengah. Kita buat pagelaran makanan khas pesisir beberapa hari, kita undang daerah-daerah lain”. imbuh Bupati.(*)

Berita Terkait: 👉  Menteri LH dan Kehutanan Mendorong Percepatan Lahan di Siosar

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here