Bupati & Wakil Hadiri Kenduri Bersih Desa Bajamas Tapteng

0
186 views

Bakhtiar : “Perubahan APBD TA 2017 Pembangunan Jalan Hotmix Sepanjang 3400 M , awal Desember Selesai Dikerjakan “

Acara kenduri bersih desa dirangkai dengan berbagai tari seni budaya dari Jawa Timur, Jawa Tengah membuat suasana penuh hikmah.

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, dengan Wakilnya Darwin Sitompul, Dandim 0211/TT, Letkol Inf Corry Sigalingging, Kapolres Tapteng, AKBP Hari Setyo Budi, besama pimpinan SKPD, hadir di Kenduri Bersih Desa tahun 2017,Senin (28/8) di jalan Banyuwangi Sp 2 Kelurahan Bajamas Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Tokoh Adat dan Tokoh Agama Batak Jawa Manduama (Bajamas) menyematkan   Busana Keraton jawa kepada Bupati Bakhtiar A Sibarani, dan Wakil Bupati Darwin Sitompul dan disambut seni budaya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dalam arahan dan bimbingan Bupati dikatakan, jalan Banyuwangi dan jalan Perbaja Kelurahan Bajamas, nampaknya sudah hancur, paling lambat bulan desember 2017 sudah selesai dikerjakan kontractornya.

“Saya prihatin melihat jalan di Bajamas ini, sudah lama tidak ada perbaikan. Tetapi di Perubahan APBD TA 2017 sudah ditampung anggarannya. Dibulan desember tahun ini jalan ini sudah selesai dikerjakan pemborongnya”. kata Bupati.

Selanjutnya Bupati Bakhtiar mengaku bangga, senang dan terhormat atas sambutan dengan seni budaya adat jawa Bajamas yang kaya itu. “Seni budaya, dan adat jawa di Bajamas ini begitu indahnya. Jika ada tersedia lahan, Pemkab Tapteng akan membangun gedung seni budaya di Bajamas”. janji Bupati.

Sebelumnya, Lurah Bajamas, Wiyono, dalam sambutannya dikatakan, Bajamas sebelumnya adalah kawasan pemukiman warga transmigarasi dari pulau Jawa, dan masyarakat Tapteng di wilayah kecamatan Manduamas, yang tergabung suku Batak dan Jawa di Manduamas. Disingkat Bajamas (Batak Jawa Manduamas).

Berita Terkait: 👉  Kerja Politik JR Saragih,Siap Lantik DPC Nias Oktober 2017

“Di Bajamas ada jalan Perbaja (persatuan batak jawa). Artinya, atara Suku, Agama dan Ras (Sara) sangat terjaga dengan baik, antara adat dan istiadat-pun terpilihara dengan akur dan damai”. sebut Lurah, Wiyono.

Pada kesempatan itu, Lurah Bajamas Curhat kepada Bupati Bakhtiar, agar honor Kepling dan RT dapat ditambah dari Rp 300 ribu menjadi Rp 1juta.

“Kepling dan Ketua RT di Kelurahan Bajamas ini pak Bupati sangat kami sibukkan dalan urusan pemerintah dan kemasyarakatan. Kami mengusulkan agar honor Kepling, dan RT ini dapat dinaikkan dari Rp 300.000,- karena Kepling dan RT tugasnya sibuk”.harap Lurah.

Tidak lupa Wiyono menyampaikan terimakasihnya, karena jalan utama di jalan SM Raja dan jalan pendidikan Kelurahan Bajamas mendapat pengaspalan Hotmix tahun 2017 ini sepanjang 3,4 km. PKK Bajamas mendapat bantuan penghargaan dan kuali alat memasak bagi pengrajin rumah tangga.

Pantauan Monalisa, Acara tahunan bersih desa ini dirangkai dengan hidangan  nasi uduk dan berbagai lauk pauk disajikan. produksi pengrajin rumahtangga antara lain, gula merah, kerupuk terbuat dari ubi, pisang. kacang tanah, ada juga tahu dan tempe.

Pemberian santunan tali asih kepada anak yatim dan piatu, kaum duafa, tua jompo. Pembagian beras secara gratis sebanyak 250 zak berat 10kg untuk 500 kk warga kurang mampu, dan pengobatan gratis.

Laporan panitia, Dikan, acara budaya kenduri bersih desa. Meski Bajamas sudah Kelurahan, tetapi budaya jawa membersihkan lingkungan adalah adat yang diwariskan turun temurun dan digelar setiap tahun pada bulan Agustus.

“Membersihkan lingkungan, membersihkan badan dan jiwa.Bersih desa umumnya setiap dibulan Agustus kami laksanakan. Warga umumnya di bulan Agustus menegakkan bendera merah putih, dan umbul umbul berbagai warna sebagai pertanda memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat Indonesia berjuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah, maka kita meriahkan dan membersihkan desa”. tandas Dikan.(*)

Berita Terkait: 👉  BPPHLH Wil I Sumatera Utara,Sita ‘Alber’ Tak Bertuan

Baca Juga

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY