Pengurus Lembaga Keumatan Kristen Wajib Berbenah

0
172 views

Oleh Budiman Manik

MONALISANEWS | SERGEI | – Sudah sepantasnya seluruh pengurus ormas atau lembaga kristen di Sumut berbenah guna menyambut dan memahami jiwa undang-undang atau perpu ormas yang digulirkan pemerintah.

Pembenahan dimaksud bertujuan untuk memantapkan struktur/hierarki dan fungsi organisasi kristen di sumut,sehingga tidak dijumpai lagi satu organisasi A memberi SK dan melantik organisasi B hanya karena organisasi B tersebut ingin mendapatkan ayah angkat.

Hal tersebut ditegaskan Pdt.Dr.Eben Ezer Siagian MTh ketua BKAG SUMUT pada acara ramah tamah dengan pengurus BKAG Serdang Bedagai,Minggu lalu di rumah makan Senangkong Sei Rampah Serdang Bedagai.

Pdt.Dr.Eben Ezer MTh,menegaskan,para pengurus ormas/lembaga-lembaga keumatan Kristen di Sumut diharapkan mampu melihat kekurangan pada ormas itu sendiri sehingga dengan pemantapan struktur dan fungsinya dapat dipastikan bahwa organisasi tersebut fokus dan serius.

Ia memberi contoh,seharusnya lembaga BKAG SUMUT membawahi BKAG Kabupaten/kota se-Sumut dan PGI W SUMUT membawahi PGI D Kabupaten/Kota se-Sumut.jangan ada lagi terjadi PGI W SUMUT membuat SK dan melantik BKAG Kabupaten/Kota dan pengurus PGI W Sumut melantik pengurus PWKI SUMUT,hanya karena ingin mendapatkan pengakuan dan legalitas.ini tidak relevan dan harus dibenahi.

Pdt.Dr.Eben Ezer Siagian MTh, yang juga salah satu ketua PGI W SUMUT menjelaskan bahwa BKAG Serdang Bedagai di SK kan dan dilantik oleh BKAG SUMUT seperti yang sudah dilaksanakan belum lama ini.dia berharap pengurus BKAG Serdang Bedagai seyogyanya punya kualifikasi,paham AD-RT dan mau belajar.

Disisi lain,gereja-gereja yang mengirimkan utusannya pada satu lembaga kiranya mempertimbangkan pengalaman berorganisasi dan sudah barang tentu BKAG SUMUT sebagai bagian dari BKAG PUSAT telah mengantisipasinya.

Salah satu bagian yang patut diperbaiki para pengurus BKAG pada setiap tingkatan adalah sejarah daripada ormas atau lembaga keumatan tersebut.Karena itu,BKAG SUMUT dalam perkembangannya tidak lupa pada sejarah di deklarasikannya BKAG tahun 1976 di Pematang Siantar oleh Pastor Sinaga dan Pdt.Halason Silitonga.

Berita Terkait: šŸ‘‰  Pisah Sambut Kapolres Kota PematangsiantarĀ AKBP. Dodi Darjanto, SIK, MTTA kepada AKBP. Doddy Hermawan, SIK

Sejarah tersebut menunjukkan bahwa BKAG lahir didaerah dan bukan bentukan PGI W SUMUT.Ini harus dipahami pengurus PGI W SUMUT, ujar Pdt.Dr.Eben Ezer.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here