Wednesday, 23/5/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Pemko Pematangsiantar dan USAID IUWASH PLUS Teken MoU Universal Akses 2019 dan Menuju Visi SDG,s

Pemko Pematangsiantar dan USAID IUWASH PLUS Teken MoU Universal Akses 2019 dan Menuju Visi SDG,s

Dirut PDAM Tirta Uli H Badri Kalimantan turut serta penandatanganan MOU

Oleh Ekolin
MONALISANEWS | TAPUT | – Dalam rangka  mendukug Program Pemerintah terkait Universal Akses 2019 dan menuju Visi SDG,s (Sustainable Development Goals) 2030 dalam pencapaian  layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat, Pemerintah Kota Pematangsiantar, DPRD dan  USAID  Indonesia Urban Water Sanitation  And  Hygiene, Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS) membuat pernyataan bersama  berkomitmen tinggi untuk pencapaiannya, mendukung penganggarannya dan menjalin kemitraan dengan program USAID-IUWASH PLUS  guna pencapaian target pada acara Visioning Workshop dan sosialisasi bidang air minum dan sanitasi tahun 2017 – 2022, Kamis (7/9) di  Horizon Hotel Pematangsiantar.

Pernyataan penandatangan bersama oleh Walikota Hefriansyah, SE, MM dan Deputy Chief of Party  USAID IUWASH PLUS Louis O’Bryan juga turut menandatangani Dirut PDAM Tirtauli Badri Kalimantan, SE, Kepala Bappeda Drs. Median Sianturi, Kadis Kesehatan dr. Ronal Saragih, Kadis PUPR Jhonson Tambunan, Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Ir. Reinward Simanjuntak, MM, Kadis Lingkungan Hidup Jackson Gultom dan dihadiri Asisten II M Akhir Harahap, Asisten III Baren Alijoyo Purba, Dewan Pengawas PDAM Tirtauli Chaidir Sitompul, Kadis Sosial P3A Pariaman Silaen, Para Camat Pemko Pematangsiantar.

Chief of Party  USAID IUWASH PLUS Louis O’Bryan diantaranya  menjelaskan peran  Iuwash Plus ini   untuk membantu daerah dalam mencapai  Universal Akses  yaitu meningkatkan akses air minum dan sanitasi untuk masyarakat miskin   dan rendah, peningkatan teknik dan kapasitas kelembagaan serta  mendorong iklim yang kondusif untuk berkelanjutan  akses air minum dan sanitasi.  Sedangkan fokus Iuwash plus adalah promosi prilaku hygiene di perkotaan, penguatan kinerja PDAM melalui dukungan teknis (NRW,EE,GIS), pembiayaan mikro untuk sektor air minum dan sanitasi, penguatan kemitraan sektor Wash  dengan swasta (potensi CSR) dan ide kreatif pemerintah daerah.

Walikota menyampaikan terimakasih kepada  USAID IUWAS PLUS karena  telah menetapkan  kota Pematangsiantar sebagai salah satu kota dampingan  IUWASH PLUS. Walikota berharap  program ini dapat  terealisasi  sesegera mungkin  sehingga  masyarakat menikmati air minum dan sanitasi bersih secara merata, ini tugas kita bersama sebagai pewaris cita-cita kemerdekaan RI sebagaimana yang tertuang pada pada pembukaan UUD 1945 untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum yang sesungguhnya belum terwujudkan.

Dikatakan Walikota upaya kearah ini terus kita lakukan Walikota juga menyadari meskipun APBD  kota Pematangsiantar belum  mampu  untuk menyahuti  semua tuntutan kebutuhan masyarakat, masih kita temukan sebahagian masyarakat hidup dibawah garis kemiskinan, tetapi harus menjadi perhatian kita bersama, dengan melakukan percepatan pembangunan, menjadikan Kota Pematangsiantar yang lebih mantap maju dan jaya.(*)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.monalisanews.com