Disnaker Tapteng Buka Kesempatan Magang Ke Jepang

0
128 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melaksanakan penerimaan pendaftaran calon peserta program pemagangan ke Jepang. Ini kesempatan baik bagi warga Tapteng, ayo buruan mendaftar.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Tapteng, Ir. Aris Sutrisno mengatakan, pemagangan ke Jepang ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja dalam negeri.

Program ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan melalui Dinas Nakertrans Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Aris Sutrisno, dengan pemagangan ini akan menjawab permasalahan ketersambungan antara lulusan dunia pendidikan yang belum dapat diterima oleh industri, karena kurangnya keterampilan sehingga tidak siap memasuki pasar kerja.

“Program pemagangan ini memadukan pelatihan dengan bekerja secara langsung, sehingga peserta magang dapat memperoleh keterampilan baru, sekaligus berkesempatan untuk mengasah keterampilan tersebut. Pemagang selain mendapat keterampilan yang dibutuhkan oleh lapangan kerja, juga mendapat insentif dan sertifikat.

Untuk itu, Aris Sutrisno menghimbau kepada warga Tapteng khususnya bagi pemuda pemudi yang baru lulus, yang belum memiliki pekerjaan tetap agar memanfaatkan kesempatan ini.

Kadisnaker menjelaskan, usia calon pemagang minimal 19 tahun 6 bulan dan usia maksimal 26 tahun saat tes wawancara. Khusus yang belum menikah harus ada surat izin dari orang tua. Sementara bagi laki-laki yang telah berumah tangga harus ada surat izin dari isteri sebagai kelengkapan berkasnya. Bagi yang telah berumah tangga, seleksi magang ke Jepang hanya boleh diikuti laki-laki (suami) saja.

Bagi peserta yang mendaftar akan mengikuti Tes Kesehatan dan seleksi yang dilaksanakan oleh Disnaker Provinsi Sumatera Utara di Medan. Pendaftaran dilakukan di kantor Disnaker Tapteng mulai 11 September 2017 s/d 11 Oktober 2017 untuk kategori lulusan SMA, STM/SMK, Diploma dan Sarjana. Untuk informasi selengkapnya, pengumuman tersebut dapat dilihat di Website resmi Pemkab Tapteng Tapanuli Tengah di www.tapteng .go.id.

Berita Terkait: 👉  Kapolres Serdang Bedagai AKBP Eko Suprihanto Sik,Hadiri Prosesi Pemakaman Bripka Prijon Simanjuntak

“Bagi masyarakat Tapteng yang berminat untuk magang ke Jepang silahkan mendaftar, Disnaker siap melayani. Pendaftarannya tanpa dipungut biaya. Dengan ikut pemagangan ke Jepang akan meningkatkan kemampuan dan daya saing dari tenaga kerja produktif Tapteng untuk bekerja di berbagai industri baik di dalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan keahlian dan kemampuan profesional yang dibutuhkan”. tandasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here