Kurangi Pengangguran,Warga Desa Ikut Serta Dilibatkan Pengerjaan Fisik

0
143 views

Oleh Asmila

MONALISANEWS | KARO | -Dana  Desa  yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke desa-desa dapat dirasakan  manfaatnya oleh warga itu sendiri bila  penggunaannya tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang dianjurkan  Pemerintah. Disamping itu, Dana Desa digunakan secara Swakelola oleh warga desa yang melibatkan partisipatif masyarakat untuk bekerja demi  kemajuan pembangunan desa masing-masing.

 

Di Desa Sukatendel  Kecamatan Tiganderket, dimana  Dana Desa 2017 sebagian digunakan untuk pembangunan fisik, seperti  rabat beton dan lainnya turut melibatkan partisipatif masyarakat untuk bekerja, baik kaum laki-laki maupun perempuan tua dan muda yang sedang dikerjakan  dari  Anggaran Dana Desa Silpa 2016 dan pembangunana  Rabat Beton ke Juma Gugung sepanjang  279 meter dan lebar 3 meter dengan biaya sebesar  197.528.400.

 

Kepala Desa Sukatendel Dewanto Perangin-angin didampingi TPK  Bernadetta Beru  Pinem pada Rabu (27/9) sekira jam 11:30 wib  mengatakan, pengerjaan Dana Desa di Sukatendel dilakukan secara Swakelola. Dimana dalam pengerjaan pembangunan fisik  rabat beton  ke Juma Gugung yang sedang dikerjakan turut melibatkan partisipatif masyarakat untuk bekerja termasuk laki-laki maupun kaum perempuan  juga turut ikut bekerja secara upahan setiap hari.

 

“Setiap hari  masyarakat yang ikut bekerja secara upahan harian sesuai dengan ketentuan yang berlaku  ada sebanyak 30 orang, sudah termasuk laki-laki maupun kaum perempuan”Ujarnya.

 

Masyarakat juga sangat  antusias untuk bekerja karena dampak ekonomi warga yang sedang kesulitan akibat dari pada penanaman bawang merah belakangan ini, ternyata harga panen bawang anjlok masyarakat sudah dalam ekonomi yang sulit akibat merugi bercocok tanam.

 

Ditambahkannya  lagi, selama erupsi Sinabung yang berkepanjangan ekonomi warga juga ikut terpuruk,dimana  warga tidak ada lagi menanam padi di sawah lahan mereka karena saluran irigasi tidak lagi berfungsi dan telah lama kekeringan.

Berita Terkait: 👉  Dalam Tujuh Bulan 42 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Terjadi Di Kabupaten Karo

 

Warga juga mau tidak mau sudah harus membeli beras untuk kebutuhan hidup keluarga masing-masing dari hasil kerja upahan di ladang orang lain,setelah adanya pembangunan Dana Desa tersebut ,mereka  merasakan manfaatnya,karena warga terlibat bekerjadidalamnya “jelasnya.

 

Begitu juga dikatakan Presly Ginting(58) warga Sukatendel , dengan adanya Dana Desa  yang diberikan Pemerintah,tenaga pengangguran di desa menjadi berkurang ,sebaba dengan sendirinya sudah ada lapangan  bekerja secara upahanbagi yang berminat,kami berharap agar Dana Desa yang diberikan Pemerintah terus berlanjut sehingga warga  dapat terbantu”Ujarnya.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY