Dana Desa Tingkat Ekonomi Warga, dan Akses Jalan

0
156 views

Oleh Jasfer Nainggolan

MONALISANEWS | BOSAR MALIGAS | -Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah pusat ke desa-desa dapat dirasakan manfaatnya oleh warga itu sendiri.bila penggunaannya tepat sasarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan anjurkan Pemerinta.

Disamping itu, dana Desa digunakan dengan cara Swakelola oleh warga desa ,melibatkan partisipatif Masyarakat untuk bekerja demi kemajuan pembangunan Desa masing-masing.

Di desa teladan Kecamatan Bosar Maligas, Kabupate Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, dimana Dana Desa 2017 sebagian digunakan untuk pembangunan fisik, seperti rabat beton dan pembangunan sumur Bor.

Pekerjaannya dengan melibatkan partisipatif Masyarakat, baik kaum laki-laki warga Desa teladan Tua dan Muda yang sedang dikerjakan dari anggaran dana Desa (ADD). pembangunan rabat beton volume 3.0 × 803 Meter huta Satu menuju huta dua. dengan biaya sebesar Rp 722.801.300 dana untuk pembangunan sumur Bor 1 unit berbiaya Rp 40.114.000.

Pjs Kepala Desa Teladan Gerhat Lubis didampingi TPK II Lela Tambunan pada hari sabtu (30/9/2017) sekira jam 11:30 disaat ditemui Monalisa di Kantor Camat Bosar Maligas ia mengatakan,”Pengerjaan Dana Desa. Di Desa Teladan Kecamatan Bosar Maligas  pengerjaannya melibatkan Masyarakat  dalam pengerjaan pembangunan Fisik. “Rabat beton huta satu menuju huta dua yang sedang di kerjakan turut melibatkan partisipatif Masyarakat untuk bekerja termasuk Laki-laki Tua dan Muda. Juga turut ikut bekerja secara upahan setiap hari,” ujarnya.

“Setiap hari Masyarakat yang ikut bekerja. Secara upahan harian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Masyarakat yang bekerja ada sebanyak 10 orang sudah termasuk laki-laki maupun Tua dan Muda”  jelas Lubis.

Masih ucapan Gerhat Lubis ia mengatakan “Masyarakat juga sangat antusias untuk bekerja karena dampak ekonomi warga yang sedang kesulitan akibat dari pada menganggur. Masyarakat ini sudah sangat-sangat terbantu Ekonominya,” ungkapnya.

Berita Terkait: 👉  Walikota Pimpin Apel Perdana Awal Januari 2018

Disaat Monalisa menyambangi warga bernama Rikki Saragih ia mengatakan “Kami warga Desa teladan sangat-sangat terbantu. Adanya dana Desa ini yang terkucur di Desa ini kami bisa dapat tambahan pekerjaan dan menambah ekonomi buat Rumah Tangga,” ujarnya.

“Beberapa tahun yang lalu kami warga Desa Teladan mau keluar kota. Sangat sulit , sekarang berkat Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah,sangat membantu perekonomian warga ,” jelasnya.

Begitu juga yang dikatakan warga Desa teladan Natanael Sihaloho, “dengan adanya Dana Desa. Yang di berikan Pemerintah, tenaga pengangguran di Desa menjadi berkurang, sebab dengan sendirinya. Sudah ada lapangan bekerja secara upahan bagi yang berminat, kami berharap agar. Dana Desa di berikan pemerintah, terus berlanjut sehingga warga dapat terbantu,” ujarnya.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here