KPW BI Pematangsiantar Elly Tjan Resmikan Galeri Songket Hilawa Sejahtera Batu Bara

0
193 views

Oleh Herawati Munthe

MONALISANEWS | BATU BARA | – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Elly Tjan meresmikan Galeri Songket Hilwa Sejahtera Desa Mesjid Lama Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Baru Sumatera Utara Kamis (12/10).

Tenunan tradisional songket asal Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, tidak hanya dikenal di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Makassar, tetapi juga sangat diminati di Malaysia

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh KPW BI Pematangsiantar Elly Tjan didampingi Asisten II Renold Asmara,Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Batu Bara Dahriyal BR, disaksikan, para pelaku usaha, pengrajin, asosiasi, himpunan pramuwisata Kabupaten Batu Bara.

KPW Bank Indonesia Pematangsiantar Elly Tjan dalam sambutannya mengatakan, Bahwa Kerajinan-kerajinan seperti songket ini pengembangannya perlu perhatian pemerintah dan memperkenalkan hasil kerajinan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga produk lebih dikenal,” harapnya.

Elly menambahkan, “Peresmian Galeri Songket Hilawa Sejahtera dibangun untuk meningkatkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dibidang pengrajin kain tenun yang dilakukan Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar dalam meningkatkan salah satu usaha kerajinan kain tenun songket khas  Batu Bara, ” ujarnya.

“Galeri ini diharapkan dapat membina para generasi muda untuk mengenal budaya, pengerajin songket, Ajak anak anak dan promosikan langsung maupun tidak langsung kepada kerabat sehingga lebih dikenal masyarakat,” harapnya.

BI juga mempunyai tugas mendorong perekonomian di daerah-daerah dalam memanjukan UMKM.Dengan semakin banyaknya UMKM maka angka pengangguran di daerah dapat berkurang,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, banyak tantangan yang dihadapi para pengrajin, terutama dalam hal pemasaran produknya, untuk itulah kita bantu. memberikan pelartihan kepada para pengerajin,seperti pelatihan.ini bertujuan, agar para pengerajin memiliki daya saing yang bagus. Bukan sekedar membuat, tetapi mereka dapat menjual hasil produksinya,” himbaunya.

Kain tenun songket khas Kabupaten Batu Bara tetap diminati pembeli baik dalam negeri maupun luar negeri hingga saat ini.

Ketua kelompok  Hilwa Sejahtera Muhamad Rudi mengatakan meskipun kondisi perekonomian yang dirasa masih lesu, masih banyak masyarakat Indonesia, maupun luar negeri yang berminat terhadap produk-produk yang dihasilkannya seperti songket Batu Bara.

“Selain kain, kami juga berinovasi dengan membuat pakaian jadi, tas, dompet, sandal,kopia, bahkan agenda yang bersampulkan kain tenun songket untuk menarik pembeli. Meskipun ada sedikit penurunan akibat kondisi ekonomi sekarang ini, namun tidak terlalu berpengaruh terhadap bisnis kami.” ujarnya.

Dengan diresmikannya Galeri Songket Hilawa Sejahtera akan lebih muda memasarkan hasil tenun khas Batubara, kami sangat bersyukur atas bantuan dan binaan rehabilitasi galeri ini dari Bank Indonesia. ” Kita juga berharap agar Pemkab Batu Bara turut membantu dalam segi pemasaran dan promosi hasil tenun kelompok Hilawa Sejahtera, ” ujarnya.

Bupati Batu Bara yang dalam hal ini diwakili Asisten II  Renold Asmara ,sangat mengapresiasi dengan diresmikannya galeri Hilawa Sejatera, “Kedepan hasil Tenun Kelompok Hilawa Sejahtera akan kita gandeng dengan pemerintah kabupaten dalam setiap ajang dan promosi untuk pengembangan hasil tenun khas batu bara ini,dengan demikian masyarakat dapat mencitai hasil produk daerahnya sendiri, “pungkasnya. (*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY