Presiden Ke Tanah Karo Tinjau Relokasi Siosar , Kita Harus Tetap Waspada Dan Jauhi Zona Bahaya Gunung Sinabung .

0
192 views

Oleh Asmila

MONALISANEWS | KARO | – Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo melakukan kunjungan  ke Tanah Karo  dan sekaligus meninjau kawasan relokasi Siosar, Kabupaten Karo, Sabtu (14/10) sekira pukul 09:20 wib merupakan kunjungan ke dua kalinya  ke Tanah Karo selama menjabat sebagai Presiden.

Pada kunjungan tersebut ,Presiden Republik Indonesia Joko  Widodo datang bersama  Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ,dan rombongan  berangkat dari Lanud TNI AU Suwondo, Medan didampingi Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi,Pangdam I/BB Mayjen Cucu Somantri dan Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw dengan menggunakan  tiga helikopter dan mendarat di helipad lapangan Yonif 125/SMB Kabanjahe.

Kedatangan orang nomor satu di Republik Indonesia ini disambut langsung oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH,bersama DanYonif 125/SM,B Letkol Robinson Talunpadang dan selanjutnya langsung  bergerak menuju kawasan relokasi Siosar.

Sesampainya di Siosar, Presiden Republik Indonesia disambut oleh Kepala BNPB Willem Rapangilei, Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, SH,MH, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Dandim 0205/TK Letkol Inf. Agustatius Sitepu,sos,Msi  dan Kapolres Tanah Karo  AKBP Rio Nababan SIK serta disambut meriah dan antusias oleh warga relokasi Siosar.

Begitu tiba ,masyarakat langsung menyebu Presiden dan hendak beresalaman sehingga petugas keamanan agak kewalahan untuk mengantisifasi warga yang sangat mencintai Jokowi itu.Saat berada di siosar,Presiden  Presiden Joko Widodo langsung berjalan mengelilingi dan meninjau kawasan relokasi Siosar serta  meninjau rumah-rumah pengungsi dan  berinteraksi dengan masyarakat penghuni rumah tersebut.Disela-sela kunjungannya di Siosar,Presiden juga menyempatkan diri melihat  secara  langsung pembagian sembako  yang dibagikan kepada  masyarakat relokasi Siosar.

Dikesempatan itu Jokowi juga mengatakan kepada sejumlah wartawan disaat dilakukan temu Pers ,bahwa relokasi tahap satu sudah selesai dan sudah dihuni  sebanyak 370 kepala keluarga ,begitu juga telah diberikan lahan pertanian untuk mereka .Sedangkan lahan tersebut sudah ditanami kentang dan telah panen,”Ujarnya.

Berita Terkait: 👉  Nazar Kepada Almarhum Ahmad Yunus Sibarani, Keluarga Besar Bupati Bakhtiar A Sibarani Bangun Mesjid Di Ujung Batu Barus Tapteng

Untuk tahap II saat ini sedang  dalam diproses,untuk  1873 diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini  yang terbagi dalam 14 hamparan dan sisanya ada 1080 akan selesaikan pada akhir tahun  depan karena sudah  ada penetapan dari Mentri Lingkungan Hidup dan hal ini kita harapkan agar berjalan baik.

Sedangkan untuk sewa lahan dan rumah sudah diberikan,bila perlu tanyakan sama BNPB atau pun Bupati ,begitu juga untuk tahap  3  telah disediakan  lahan seluas 470 hektar.”Kita belum tau kapan Gunung Sinabung akan berhenti erupsi ,untuk itu  kita semuanya harus waspada ,”Ujar Jokowi kepada wartawan.

Seusai melakukan kunjungannya di relokasi Siosar, rombongan Presiden Republik Indonesia bergerak kembali ke Kabanjahe untuk makan bersama dan selanjutnya  menuju helipad lapangan Yonif 125/SMB melanjutkan perjalannya  menuju Bandar Udara Silangit, Tapanuli Utara.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here