Dapat Sewa Rumah dan Lahan,Warga Desa Kutagugung Tinggalkan Posko Pengungsi

0
116 views

Oleh Asmila

MONALISANEWS | KARO | – Selama lebih kurang dua tahun lamanya warga Desa Kutagugung dan Dusun Lau Kawar Kecamatan Naman Teran tinggal dan mendiami posko pengungsi  di Jambur Korpri Kecamatan Brastagi yang dijadikan sebagai tempat tinggal bersama.

Namun hal tersebut menjadi kenangan tersendiri bagi warga itu akibat adanya erupsi Gunung Sinabung secara berkepanjangan sehingga kampung halaman atau pun tempat tinggal terpaksa ditinggalkan demi keselamatan jiwa.

Walaupun begitu ,nasib pengungsi hingga saat ini tidak terlepas dari penanganan pihak pemerintah sehingga warga Desa Kutagugung dan Dusun Lau Kawar,Minggu (15/10) sekira pukul  08:30 wib mulai berbenah serta membongkar tenda tempat tinggal tinggal yang dijadikan sebagai Posko mereka selama mengungsi dan pindah kerumah yang telah mereka sewa masing-masing.

Sebelum berangkat,warga secara bersama bergotong royong membongkar tempat mereka selama ini  serta membersihkan lokasi sebagaimana  salah satu tidak akan lupa tanggung jawabnya  untuk membersihkan  lokasi sebelum berangkat.

Menurut beberapa warga saat dikonfirmasi wartawan ,Minggu (15/10) sekira jam 16:00 wib ketika sedang mengangkati barang-barang milik mereka keatas mobil mengatakan,bahwa mereka meninggalkan lokasi ini dan pindah kerumah masing-masing yang sudah dikontrak” Kami telah menyewa rumah masing-masing diluar zona bahaya dari Gunung Sinabung,”Ujarnya.

Adapun warga sebanyak 302 kepala keluarga  menerima uang sebesar 6.400.000 ribu selama satu tahun lamanya dengan perincian  uang sewa rumah sebesar 4.200.000 dan sewa lahan sebesar 2.200.000 ribu.”Memang sedih juga karena selama ini kami sesama warga saling  bercerita sesama, dan hari kami berpisah satu sama lainnya ketempat masing-masing,ada juga pindah ke Kecamatan  Lau Baleng,Mardinding, Tigapanah dan lainnya,”Ujarnya agak sedih.

Kepala Desa Kutagugung Paskah Andreas Ginting mengatakan ,bahwa hari ini warga meninggalkan lokasi pengngsian,dimana ada dua tahun lamanya warga tinggal di Jambur Korpri ini dan sempat berbaur dengan warga sini ,namun  pihak Pemerintah telah menyalurkan biaya untuk sewa rumah dan lahan kepada seluruh warga sehingga warga pun telah mencari rumah tempat tinggalnya masing-masing diluar zona merah.”Kita juga harapkan agar warga Desa Kutagugung dan Dusun Lau Kawar sehat-sehat semua  walaupun dimana dia tinggal bersama keluarga dan tetap dapat berkomunikasi satu sama lainnya.

Berita Terkait: 👉  SERTU SAHAT NAINGGOLAN LAHIRKAN ATLET NASIONAL DARI SMA KARTIKA

Sedangkan pencairan sampai  tanggal 13 oktober 2017 ini sudah berjalan berkisar 95 persen ,dan kita mintakan kepada warga agar dapat mempergunakan uang tersebut sebaik mungkin karena perjuangan kita masih panjang,”Ujar Kades . (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here