Bupati Karo Salah satu Terpilih Sebagai Perwakilan Se Kabupaten – Kota Untuk Satgas Narkoba

0
77 views

Oleh Asmila

MONALISANEWS | KARO | – Pentingnya sosialisasi  terhadap  bahaya penyalahgunaan Narkoba diwilayah Sumatera Utara dan Aceh ,hal tersebut memberikan edukasi pada masyarakat,sehingga dalam hal ini  Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba yang sudah terbentuk oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Selain itu adanya pemusnahan Barang bukti  dan hal itu sebagai tindak lanjut  oleh Kepala BNN Komjen Pol Drs. Budi Waseso  ketika hadir dalam acara pengukuhan Satgas Pemberantasan penyalahgunaan peredaran Narkoba (19/10) sekira pukul 10:00 WIB di Lapangan Merdeka jalan Balai Kota Medan.

Turut  hadir Forkopimda Propinsi Sumut ,gubernur Aceh, Irjen Arman Depari, Deputi Pemberantasan BNN, Kepala BNNP Sumut, kepala BNNP Aceh, para Bupati/walikota Se- Sumatera Utara, Para ketua DPRD Kabupaten/Kota Se-Sumatera utara, para kepala badan /dinas/kantor dilingkungan pemerintah provsu.kepala BNNK Karo AKBP Heppy Karo Karo, Kepala  Kesbang Pol Linmas Karo Tetap Ginting.

Dalam acara tersebut ,Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya  mengungkapakan pada saat Musrembang 2015-2019 beberapa waktu yang lalu di Jakarta dihadapan para Gubernur, oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo mengatakan “Posisi Negara kita Darurat Narkoba “.

Bahkan peredaran narkoba  sudah menjamur di perkotaan, serta meluas dan merambah ke desa-desa dan pelosok-pelosok, dimana narkoba adalah kejahatan luar biasa yang disebut( extraordinary crime) bisa menjerat siapa saja, tidak memandang status orang tersebut apa, walaupun sudah sering diberantas oleh BNN, Polisi dan TNI , tapi peredaran semakin ganas, tidak menyurutkan pengedaran bagi pelaku, ” Ucap Erry Nuradi.

Disambungnya lagi , menurut data sudah ada 348 New Psychoactive Substances (NPS) jenis bahan narkoba baru seluruh dunia, namun masuk ke Indonesia sudah ada 29 NPS yang efeknya mengerikan dan mematikan telah diuji oleh Balai laboratorium Uji Narkoba dimana hasilnya lebih berbahaya dari Shabu dan Ekstasi”jelasnya

Berita Terkait: 👉  Dana Desa 2016 Nagori Karang Anyar Kec.Gunung Maligas Asal Jadi "Diduga" Syarat Dengan Penyelewengan

Dari i 29 NPS tersebut, 18 di antaranya telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13 Tahun 2014,yang  sedang diupayakan oleh BNN agar Kemenkes segera mengeluarkan regulasi yang bisa menempelkan zat ini ke dalam UU Narkotika. Agar masyarakat mewaspadai upaya para pelaku kejahatan narkotika yang selalu memodifikasi bentuk dan cara peredaran gelap,”jelasnya

Untuk itu ada  daftar 18 narkoba jenis baru yang telah diatur dalam Permenkes No 13/2014, agar masyarakat mengetahuinya; Methylone (MDMC), turunan Cathinone, berefek stimulan, halusinogen, insomnia, dan sympathomimetic, Mephedrone (4-MMC), turunan Cathinone, berefek stimulan, meningkatkan detak jantung, dan harmful, Pentedrone, turunan Cathinone, berefek psychostimulant,MEC, turunan Cathinone, berefek stimulan dengan efek empathogenic, MDPV, turunan Cathinone, berefek euphoria, stimulan, efek aphrodisiac, dan efek empathogenic, Ethcathinone (N-ethylcathinone), turunan Cathinone, berefek psychostimulant, MPHP, turunan Cathinone, berefek psychostimulant,

JWH-018, Syntetic Cannabinoid, berefek halusinogen, efek cannabinoid, dan toxic,XLR-11, Syntetic Cannabinoid, berefek halusinogen, efek cannabinoid, dan toxic, DMA (Dimethylamphetamine), turunan Phenethylamine, berefek stimulan, lebih rendah efeknya dari methamphetamine, 5-APB, turunan Phenethylamine, berefek stimulan, empathogenic, 6-APB, turunan Phenethylamine, berefek euphoria,PMMA, turunan Phenethylamine, berefek stimulan, halusinogen, insomnia, dan sympathomimetic.Selanjutnya ,2C-B, turunan Phenethylamine, berefek halusinogen, DOC, turunan Phenethylamine, berefek Euphoria, archetypal psychedelic, 25I-NBOMe, turunan Phenethylamine, berefek stimulan, halusinogen, dan toxic, 25B-NBOMe, turunan Phenethylamine, berefek stimulan, halusinogen, dan toxic, 25C-NBOMe, turunan Phenethylamine, berefek stimulan, halusinogen, dan toxic.

“mudah-mudahan bermanfaat dan informasikan kepada sanak keluarga, sahabat, teman , dan sekitar kita, agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan Narkoba, untuk itu hari ini saya kukuhkan perwakilan Satgas Se-Kabupaten/kota Provsu , agar di kabupaten Walikota/Bupati turut serta ambil bagian ,”Sebut Gubernur Sumut

Perwakilan pengukuhan Satgas Narkoba adalah Walikota Medan ,Tengku Dzulmi Eldin, Walikota Tebing Ir. Umar Zunaidi Hasibuan, Walikota Binjai H.M.Idaman SH,M.si, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, dan Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu.

Berita Terkait: 👉  Babinsa Melaksanakan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Kepala BNN Komjen Pol Drs.Budi Waseso  menjelaskan ,kita miris terhadap negara kita karena ancaman sudah nyata di hadapan kita yaitu Narkoba, sehingga kita harus mencegahnya mulai dari tingkat keluarga kita sendiri, baru ke orang lain, berikan sosialisasi tentang bahaya narkoba, ini perlunya sinergitas dalam memerangi narkoba.”Buwas menyinggung BNN sudah bagian dari TNI, begitu juga TNI bagian dari BNN , ini bukti nyata dimana telah saya angkat dijajaran BNN sudah ada anggota TNI 2 (dua) orang masih status dinas aktif menjabat sebagai kepala BNNK , jadi TNI sudah menunjukkan komitmennya untuk memberantas narkoba, karena Narkoba termasuk bagian “Ancaman ” Negara, Tutur Buwas.

Lebih lanjut dikatakannya,masuknya 26 jenis narkoba baru ini yang telah disampaikan oleh Pak Gubsu, adalah bukti bahwa Indonesia masih rentan menjadi pasar peredaran narkoba jaringan Internasional.

“Ini keprihatinan kita bukti negara kita jadi ancaman narkoba. Untuk itu saya mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh anggota yang bisa melakukan pengungkapan narkoba, dan terimakasih juga saya ucapkan kepada Bupati Tapsel yang telah memberikan sertifikat tanah , seluas 3 Ha dihibahkan kepada BNN sebagai lahan untuk pembangunan kantor BNNK di Tapsel”Katanya.

Untuk itu saya berharap setelah dikukuhkan Satgas tersebut dalam melakukan pemberantasan peredaran barang haram ini, diperlukan kedepan kerjasama dan sinergitas dengan berbagai pihak elemen masyarakat. Karena narkoba sudah menjadi musuh bersama, Kita tak bisa sendirian memberantas narkoba, perlu ada kerja sama sejumlah pihak karena ini (narkoba) sudah masuk musuh negara,” tutup Buwas.

Turut  hadir Forkopimda Propinsi Sumut ,gubernur Aceh, Irjen Arman Depari, Deputi Pemberantasan BNN, Kepala BNNP Sumut, kepala BNNP Aceh, para Bupati/walikota Se- Sumatera Utara, Para ketua DPRD Kabupaten/Kota Se-Sumatera utara, para kepala badan /dinas/kantor dilingkungan pemerintah provsu.kepala BNNK Karo AKBP Heppy Karo Karo, Kepala  Kesbang Pol Linmas Karo Tetap Ginting

Berita Terkait: 👉  Safari Politik JR Saragih,Sambangi Anak Anak Tuhan

Untuk lebih lanjut,Kasub Bag Humas dan Protokol Pemkab Karo Drs Djoko Sujarwanto mengatakan,bahwa Bupati Karo  salah satu terpilih sebagai  Satgas Anti Narkoba se Kabupaten dan Kota yang dikukuhkan oleh Gubsu Tengku Erry Nuryadi “Ujarnya (**)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY