Gedung Belajar SDN 157016 Lubuk Ampolu Tapteng Keropos Termakan Usia, Guru & Anak Didik Mohon Perhatian Pemerintah

0
193 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang
MONALISANEWS | TAPTENG | – Memprihatinkan, sebanyak 190 siswa/i mengenyam pendidikan di SDN 157016, dengan tenaga pendidik sebanyak 13 orang, antara lain, 6 tenaga PNS, dan 7 orang tenaga honorer. Mirisnya, guru tenaga honorer ini sudah belasan tahun mengabdi mengajar dan mendidik anak bangsa ini, namun belum diangkat menjadi PNS.

SDN 157016 Desa Lubuk Ampolu Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumatera Utara ini, kondisinya bangunannya sangat memprihatinkan. 60 persen keadaan bangunan sudah kropos dan kupak kapik karena termakan usia. Bila keadaan ini dibiarkan tanpa mendapat perhatian serius dari Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk biaya merehab. Dikawatirkan, proses belajar mengajar disekolah itu akan terganggu.

Menurut Kepala SDN 157016 Lubuk Ampolu, Lamtiur Simorangkir SPd, mengaku sudah berulangkali bermohon kepada Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Tapteng di Pandan, hendaknya sekolah tempatnya bertugas itu mendapatkan perhatian serius untuk anggaran rehap ruang kelas. Namun permohonan tersebut hingga saat ini belum juga terealisasi.

“Kami selalu dihantui bayangan saat proses belajar mengajar berjalan disekolah ini. Khususnya bila turun hujan, atau berhembus angin ada jatuh meterial dari atas menimpa anak didik atau guru, karena banyak ruang kelas ini plafonnya sudah keropos”. sebut Lamtiur miris.

Meski gedung sekolah ini menghantui rasa takut kami, lanjut Lamtiur, namun tidak mengurangi semangat tenaga pengajar di sekolah itu. “Semangat kami tidak patah arang. SDN 157016 Lobuk Ampolu memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik di tingkat kabupaten maupun nasional”. ujarnya.

Menariknya, saat Peresiden RI Jokowi datang berkunjung di Tapteng, salah seorang guru SD Lubuk Ampolu ini, Trianda Lumban Tobing, memanggil Peresiden, “pak Jokowi, pak Peresiden horas Tapteng” sempat viral di Sosial Media.

Berita Terkait: 👉  Dandim 0207/Simalungun Tinjau Lokasi Pra TMMD

Nasib guru honorer yang sempat menitip surat buat Presiden Jokowi ini juga tak jauh-jauh beda dengan sesama guru honorer lainnya. Walau telah puluhan tahun mengabdi, Trianda yang menjadi trending topik dan perbincangan di akun jejaring sosial facebook itu masih tetap berstatus sebagai guru honorer.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here