Jual Narkoba

0
247 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang
MONALISANEWS | SIBOLGA | – Pengembangan informasi dari masyarakat. Lalu, petugas Polresta Sibolga Prov- Sumatera Utara, Sabtu (14/10) sore melakukan penyamaran sebagai pembeli atau undercover boy. Pria lajang beri inisial, US alias U (30), warga Poriaha, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ini berhasil dibekuk petugas Sat Narkoba Polres SibolgaUS alias U, lelaki pengangguran itu diketahui sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Petugas menemukan barang bukti berupa 1 bungkus sabu-sabu (5 gram) yang terbungkus plastik bening yang dibalut timah rokok warna kuning dan dari saku celananya disita uang Rp150.000. Tersangka selanjutnya dibawa ke Polres Sibolga,

Kapolres Sibolga AKBP Benny Remus Hutajulu, melalui Kasubag Humas Iptu R Sormin menyebutkan, penangkapan tersangka merupakan pengembangan dari informasi masyarakat. Lalu, petugas melakukan penyamaran sebagai pembeli atau undercover boy.

Kasubag Humas Iptu R Sormin menjelaskan pengakuan tersangka kepada penyidik, sabu-sabu yang dijualnya itu dibelinya dari seseorang beberapa hari lalu. Dia tergiur menjual narkoba karena keuntungan yang akan diperoleh. “Selain sebagai pengedar, tersangka ini juga pemakai. Sementara itu kami sudah mengantongi identitas bandarnya”. jelasnya.

Kemudian, R Sormin menjelaskan kronologisnya.Pertengahan Agustus 2017 lalu sekira pukul 10.00 Wib, US alias U bertemu dengan (identitas telah dikantongi) di Desa Poriaha lalu ditawari untuk menjual sabu-sabu disepakati panjar dulu setelah terjual baru dilunasi.

Seminggu kemudian, lanjut Sormin, tersangka menghubungi laki-laki tersebut bahwa uangnya sudah ada Rp.3.000.000,- lantas dijawab sipenjual “Tunggulah biar dijemput uangnya”, sitersangka menunggu dekat sungai Poriaha lalu menyerahkan uang yang Rp.3.000.000,- itu. Dihari Sabtu (14/10) sekitar pukul 17.00 Wib tersangka (US alias U) datang mengambil sabu-sabu yang disimpan disalah satu rumah kosong yang dibalut kertas timah rokok dimasukkan disaku baju sebelah kiri, sesuai janji dengan pembeli jumpa dijembatan desa Poriaha.

Berita Terkait: 👉  IWO, Gelar Ekspolrasi Waterfall Aek Martolu di Tapteng

“Pada kesempatan itu, petugas datang lalu menangkapnya, tersangka mencoba melawan denagan mengayunkan kedua tangannya kepada perugas, tetapi dengan kesigapan petugas berhasil melumpuhkan tersangka selanjutnya memborgol kedua tangannya untuk dibawa ke Mapolres Sibolga untuk proses selanjutnya”. terang R Sormin.
Tersangka ditahan dan diganjar Pasal 114 ayat (1) dan (2) Subs Pasal 112 ayat (1) dan (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here