Penyuluhan Hukum Pengunaan Dana Desa Di Tapteng

0
203 views

Kejari Sibolga: “Kalau Perusahan Melewati Jalan Desa Tidak Bersedia Memberi Kontribusi Kepada Desa, Jalan Desanya Bisa Difortal Agar Tidak Dilewati Kendaraan-nya”.

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISA | TAPTENG | – Pelaksanaan dan penggunaan Dana Desa (DD), agar tidak terjadi kerugian Negara, dana desa jangan dimanfaatkan untuk memperkaya diri Kepala Desa (Kades), Dana Desa tidak boleh hanya untuk sekelompok. Oleh karena itu dana desa harus dimusyawarahkan sebelum penggunaan nya.

Demikian ditekankan Kepala Kejaksaan Negri (Kejari) Sibolga Timbul Pasaribu SH MH, pada kegiatan pembekalan tentang penggunaan dana Desa terhadap Kepala Desa di tiga Kecamatan, Rabu (25/10) dipusatkan di Balai Desa Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumatera Utara. Agar dana desa digunakan sebaik baiknya yang berguna kepada kepentingan umum.

Selanjutnya Kejari Sibolga, Timbul Pasaribu,SH.MH, didampingi Kadis PMD Tapteng, Anita Situmorang, dan Kapolres Tapteng Diwakili IPDA Pol M. Taher Lubis menjelaskan. Kepala Desa selaku pengguna anggaran dana desa, harus mampu menggunakan nya untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di desanya.

“Kalau ada perusahaan di desanya,¬† yang melewati jalan desa. Perusahaan itu berkewajiban memberi kontribusi kepada desa, untuk itu kepala harus terlebih dahulu membuat peraturan desa (Perdes)”. jelas Kejari.

“Kalau perusahan yang melewati jalan desa tidak bersedia memberi kontribusi kepada desa, kepala desa bisa memfortalkan jalan desanya, agar tidak dilewati kendaraan nya”. tegas Kejari.

Kepala Dinas Pemerintahan Desa Tapteng, Anita Situmorang, berharap kepada seluruh kepala desa di Tapteng agar memanfaatkan dana desa sebaik baiknya sesuai dengan aturan peraturan, agar pertumbuhan perekonomian di desanya masing-masing semakin meningkat.

“Manfaatkan lah dana desa yang besar itu sebaik baiknya, agar pertumbuhan perekonomian masyarakat didesa masing masing semakin meningkat”. imbuh Anita Situmorang.(*)

Berita Terkait: ūüĎČ  Liat Istri Orang Meleleh Air Liur Awak, Melihat istri sendiri, menangis Bathin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here