Bupati Simalungun sampaikan nota keuangan R-APBD Tahun 2018

0
315 views

Oleh Redaksi

MINALISA | SIMALUNGUN | – Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM menyampaikan pengantar nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran (TA) 2018 pada rapat paripurna DPRD di Pamatangraya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin 30/10/2017.

Rapat  dipimpin Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba didampingi Wakil-wakil Ketua yakni Timbul Jaya Sibarani SH, Ir Rospita Sitorus, Fao Saut P Sinaga dan dihadiri Wakil Bupati Ir H Amran Sinaga MSi, Sekda Drs Gidion Purba MSi, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kapolres Simalungun AKBP Liberty Panjaitan, Dandim 0207/SML Letkol Inf Oni Kristiyono dan lainnya.

Dalam nota pengantarnya, Bupati Simalungun Dr JR Saragih MSi menyatakan bahwa prioritas pembangunan di tahun 2018 adalah bidang infrastruktur, sejalan dengan program pemerintah pusat. Selain itu dipandang perlu peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Penyusunan RAPBD didahului dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah dibahas dan disepakati oleh Pemerintah Daerah dan DPRD.

Dalam dokumen tersebut telah tertuang butir-butir kebijakan yang akan ditempuh oleh Pemerintah Daerah yang harus dijadikan pedoman dan acuan dalam menentukan prioritas kegiatan APBD Tahun Anggaran 2018.

Sebagai bentuk perencanaan jangka pendek, maka penyusunan RAPBD 2018 didasarkan pada asumsi yang ditetapkan, baik dari sisi pendapatan maupun belanja.

Oleh karena itu, melalui penyusunan nota keuangan diharapkan menjadi pedoman untuk memberikan arah dalam proses penyusunan RAPBD sekaligus memberikan penjelasan umum terhadap dasar-dasar pertimbangan yang melandasi rencana program dan kegiatan, serta menjadi sarana pengendalian dan evaluasi dalam tahap pelaksanaannya.

Para pimpinan dan anggota dewan diharapkan dapat membahas, menerima dan menyetujui pengantar nota keuangan RAPBD untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Simalungun Tahun Anggaran 2018 dalam rangka percepatan pembangunan.

Berita Terkait: 👉  Aksi Damai Insan Pers Nasional, “Pecat Oknum Dewan Pers”,

Pimpinan rapat paripurna, Johalim Purba meminta para anggota dewan sungguh-sungguh melakukan pembahasan RAPBD 2018. Selain itu diberi kesempatan kepada para anggota dewan untuk menyampaikan hasil reses kedua tahun 2017 yang dilakukan pada setiap daerah pemilihan.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here