Beruang Menyusup Kepemukiman Warga

0
166 views

Rumah warga yang dirusak beruang

Oleh Ekolin

MONALISA NEWS | TAPIAN DOLOK | -Adanya khabar yang beredar di masyarakat tentang satwa liar  jenis ( beruang ) yang selama ini habitatnya dikawasan Gunung Simbolon, mulai menyusup keperkampungan warga mendapat tanggapan serius Camat Tapian Dolok,Kandace Naiborhu SE.Hal ini dilakukan demi  memberi keamanan kepada warga Tapian Dolok yang berbatas langsung dengan hutan lindung Gunung Simbolon.

Untuk antisipasi kepada masyarakat, Camat Tapian Dolok melakukan koordinasi dengan Polsek Serbelawan,Babinsa,Polisi Kehutanan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Kabupaten Simalungun dan mengadakan tinjau langsung ke Gungung Simbolon untuk melihat kebenaran bahwa satwa liar tersebut telah merusak rumah warga dan mengambil binatang peliharaan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Monalisa,bahwa beberapa waktu lalu rumah salah seorang warga,P.Nainggolan ( 50 ) beralamat di Kamp.Bangun Raya nagori dolok simbolon Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun,pada saat tengah malam seekor binatang liar ( beruang ) datang menghampiri rumahnya.

Kedatangan beruang tersebut langsung merusak diding rumah  P.Nainggolan yang kebetulan terbuat dari material kayu ( papan ),namun baru beberapa helai papan yang dapat dibuka,beruang tersebut meninggalkan rumah dan beralih ke kandang ternaknya,pada akhirnya beruang tersebut membawa dua ekor ayam dan pergi kearah hutan.

“Awalnya saat saya sedang tidur terbangun karena mendengar suara gaduh diluar rumah saya,lalu saya melihat dari sela rumah papan saya dan samar samar saya melihat seekor beruang sedang merusak dinding rumah.”lalu dia berjalan kebelakang rumah saya dan mengambil ayam yang berada dikandang,”tapi karena keadaan sangat gelap beruang tersebut tidak begitu jelas terlihat namun bayangannya bisa saya lihat dan memang itu binatang beruang”.sebutnya.

Pada saat pengecekan langsung dilokasi rumah P Nainggolan salah seorang staf balai konservasi sumber daya alam ( BKSDA ) yang membidangi satwa liar mengatakan benar apa yang terjadi di rumah P. Nainggolan adalah seekor beruang yang telah melakukan perusakan diding rumah sebab dilokasi tersebut didapati kotoran dan bekas tapak kaki binatang tersebut serta dari penelitian yang terdapat pada diding papan yang rusak adalah akibat cakaran kuku beruang.

Berita Terkait: 👉  Blusukan JR Saragih, Nyekar Di Makam Walisongo Sunan Gunung Jati

Masih dengan warga setempat,Anton Purba ( 46 ),Rabu ( 01/11/2017 ) dalam kesaksiannya pada saat dirinya berada diladang perna melihat seekor beruang berjalan mengarah ke hutan dan dari kejauhan dirinya melihat beruang tersebut membawah sebuah nangka.Awalnya Anton mengira yang sedang berjalan adalah manusia namun setelah diamati dari kejauhan ternyata yang berjalan tersebut adalah seekor beruang.”awalnya saya kira orang,tapi setelah saya perhatikan ternyata seekor beruang,karena takut saya langsung lari,tapi setelah itu saya tidak perna melihatnya lagi”.ujarnya.

Warga berharap beruang tersebut segera ditangkap namun karena beruang tersebut berpindah pindah tempat maka akan sulit menemukannya apalagi perkampungan berbatas dengan hutan lindung bukit barisan.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY