Kunjungan TIM III TP PKK Kabupaten Evaluasi 10 Program Pokok PKK

0
263 views

Oleh Redaksi

MONALISA | TANAH JAWA | – Pembinaan Desa percontohan merupakan salah satu upaya untuk pemberdayaan masyarakat secara kompetitif yang dimotori Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun mulai dari tingkat Kabupaten sampai dengan Desa (Nagori) dan Kelurahan.

Tetapi hal ini bukan semata-mata hanya menjadi tanggung jawab PKK namun juga Pemerintah sebagai mitra dalam pembinaan PKK.

Kunjungan Tim Monitoring (Tim III) TP PKK Kabupaten Simalungun yang di motori Lurinim Purba, Mislaini Saragih, dr Maslina Ny Septri Ronald Tambun dan Agustina Simanjorang Selasa (31/10) berkunjung ke Nagori Bakisat Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Kunjungan Tim III TP PKK Kabupaten ini sangat penting dilakukan untuk Pembinaan Desa monitoring serta evaluasi demi mendapatkan Desa terbaik untuk dipilih menjadi Desa Percontohan.

Ketua TP PKK Kabupaten Ny dr Eurnita JR Saragih dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Lurinim Purba mengatakan menjadi Desa Binaan TP. PKK Kabupaten Simalungun  pada tahun 2018 mendatang harus terus meningkatkan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera di Nagori Bakisat sekaligus sebagai Desa percontohan 10 Program Pokok PKK.

” Kunjungan kerja kenagori Bakisat ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat tentang kegiatan yang dilakukan para Kader Posyandu dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masayarakat. kegiatan ini dilakukan untuk mengecek langsung pelayanan kesehatan yang ada di dusun maupun kelurahan” katanya

Selain melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan 10 Program Pokok PKK melalui Kelompok Kerja (Pokja) masing-masing dengan menitik beratkan pada pembinaan tertib administrasi kegiatan yang dilakukan maupun program kegiatan yang akan dilaksanakan. ” ya kegiatan ini tidak lain untuk mengevaluasi 10 program pokok PKK,” pungkasnya.

Berita Terkait: 👉  Hari Anak Nasional Tahun 2017

Sementara itu, Ketua TP PKK Nagori Ny Nila Mislan mengatakan, untuk menjadi desa percontohan perlu adanya pembinaan  yang dilakukan secara simultan, dari tingkat kecamatan agar masyarakat dapat menerapkan 10 Program Pokok PKK dalam kehidupan sehari-hari yang mampu merubah perilaku masyarakat, sehingga mewujudkan kesejahteraan keluarga yang diinginkan.

“Kita mengharapkan,apa bila bisa menjadi desa percontohan perlu adanya sosialisasi meningkatkan pemahaman para kader PKK tentang tugas pokok, fungsi, dan manfaat dari gerakan PKK di Dusun dan Nagori,” ungkap Nila.

Dikatakannya, melalui 10 Program pokok PKK akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ketahanan keluarga, pendidikan dan pola asuh anak, pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, serta mengubah pola pikir masyarakat menjadi dinamis, partisipatif, berempati, dan berwawasan luas.

Ny Nila menyampaikan,dengan kehadirian Tim III di Nagori Bakisat memang sangat representatif sekali sebagai desa percontohan untuk Kecamatan Tanah Jawa, “Kita sudah melakukan pembenahan di masing masing dusun dan melihat, mulai dari lingkungan sampai rumah penduduk  tetap menjaga kebersihan sekitar,Pekarangan-pekarangan rumah, selain diisi tanaman hias, ada tanaman obat dan keluarga (toga) yang sangat bermanfaat bagi keluarga,” ujarny.

Acara ini dihadiri oleh  Camat Kecamatan Tanah Jawa, Kepala Nagori Bakisat Mislan, Ketua TP PKK Kecamatan Ketua TP PKK Nagori,Bidan Deda,para lansia serta para kader PKK Nagori Bakisat Kecamatan Tanah Jawa. (*)

 

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Temu Pisah dan Sambut Camat Dolat Rayat,Plt Camat Dijabat Oleh Leonart B Girsang,S,STP,M.Si

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here