Pertama di Indonesia, Sergai Launching Aplikasi TERA-OCE

0
85 views

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin dan Kepala OPD photo bersama dengan Kepala BSML Regional I Medan Ir.

Oleh Budiman Manik

MONALISA | SEI RAMPAH | – Pelayanan Publik merupakan segala bentuk pelayanan kepala masyarakat yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah. Sebagai salah satu bentuk tanggungjawab pemerintah kepada masyarakat, sudah tentunya suatu pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah harus mencakup seluruh masyarakat yang membutuhkannya dan yang paling penting lagi adalah bagaimana masyarakat dapat merasakan kepuasan dari layanan yang diberikan kepada mereka.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka acara Launching Aplikasi TERA-OCE bertempat di aula Sulatn Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (7/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional I Medan Ir. Kristopanus Ginting, M.Pd, Anggota DPRD Sergai Usman Efendi Sitorus, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Staf Ahli Bupati, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Sujendi, para Kepala OPD, Camat serta para pengusaha.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa kondisi geografis Kabupaten Sergai pada satu sisi menjadi kendala dalam memberikan pelayanan TERA dan TERA ulang. Jauhnya jarak tempuh dari domisili wajib TERA untuk menyampaikan permohonan pelayanan metrologi legal. Dengan adanya aplikasi TERA-OCE yang menggunakan teknologi internet secara online, maka para wajib TERA cukup mengajukan permohonan melalui aplikasi tanpa harus datang ke pusat pelayanan dan segera mendapat kepastian jadwal pelayanan, kata Bupati.

Dilanjutkan Bupati Soekirman bahwa inovasi pelayanan kemetrologian melalui TERA-OCE diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para wajib TERA yang juga merupakan para pelaku ekonomi di Sergai mulai dari pelaku usaha besar seperti SPBU, kilang padi, sampai dengan para pedagang pasar yang menggunakan alat ukur untuk untuk senantiasa mendaftarkan alat ukurnya dan melakukan TERA ulang setiap tahunnya sesuai dengan ketentuan sehingga nantinya seluruh alat ukur di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat benar-benar terjamin kebenarannya dan memberikan rasa adil bagi setiap konsumen dan secara keseluruhan dalam jangka panjang dapat mewujudkan Kabupaten yang tertib ukur di Indonesia, pungkasnya.

Berita Terkait: 👉  Bupati Tapteng Tinjau Rencana Pembangunan Jalan Lingkar

Sementara itu Kepala BSML Regional I Medan Ir. Kristopanus Ginting, M.Pd dalam sambutannya mengatakan dalam upaya melindungi kepentingan umum dengan adanya jaminan kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya merupakan sebuah amanah yang diemban dan dilaksanakan oleh pemerintah beserta aparatnya dibawah koordinasi Menteri yang membidangi Metrologi Legal yaitu Mentri Perdagangan.

Peluncuran aplikasi pelayananTERA dan TERA ulang berbasis WEB (TERA-OCE) di Sergai merupakan wujud tanggungjawab pemerintah dalam melaksanakan amanah yang diemban dengan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat Sergai. Inovasi pelayanan publik merupakan produk kreativitas dari hasil pembelajaran. “Kami sangat menyambut baik terobosan berupa aplikasi yang dikembangkan oleh Pemkab Sergai dan diharapkan dapat menjadi inovasi yang dapat diuji kemanfaatannya dan berdampak baik bagi masyarakat. Tukasnya.

Sebelumnya Kadis Perindag Kabupaten Sergai yang juga Ketua Panitia Penyelenggaran acara Nina Deliana Hutabarat dalam laporannya menyampaikan Sistem pelayanan TERA dan TERA ulang yang berbasis WEB ini disebut TERA-OCE  diharapkan dapat menjadi salah satu strategi untuk menjawab tantangan dalam meningkatkan pelayanan publik sehingga kelak pelayanan kemetrologian di Sergai dapat diunggulkan.

Pelayanan TERA dan TERA ulang berbasis WEB ini masih pertama dilaksanakan untuk kabupaten/kota di Indonesia. Pelayanan ini masih jauh dengan yang kita harapkan masih sangat sederhana dan ruang lingkup pelayanan masih dapat dinikmati seluruh wajib TERA yang memiliki jenis Ukuran, Takaran, Timbangan dan Perlengkapan (UTTP) dan diharapkan aplikasi ini terus berkembang.

Adapun UTTP yang dapat dilayani dengan menggunakan TERA-OCE adalah Meter (M) dengan pegangan sampai dengan 2 M, Meter Kayu sampai dengan 2 M, Anak Timbangan sampai dengan 50 Kg, Timbangan sampai kurang dari 500 L dan Belanja Ukur sampai dengan 1.000 L,’ papar Nina Deliana.(*)

Berita Terkait: 👉  Dua Bulan Dilantik, Wabup Tapteng Baru Dapat Tempati Rumdis, Darwin Sitompul Gelar Syukuran

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY