Tuesday, 12/12/2017 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

160 Mahasiswa UNEFA di wisuda

160 Mahasiswa UNEFA di wisuda

Wabup: “Jadilah pelopor kreatifitas dan inovasi”

Oleh Redaksi

MONALISA | SIMALUNGUN | – Untuk pertama kalinya  Universitas Efarina (UNEFA) melaksanakan wisuda terhadap 160 mahasiswa/i dari 4 fakultas dalam sidang senat terbuka UNEFA program  diploma III angkatan ke II dan program sarjana TA 2017/2018 yang dipimpin oleh Rektor UNEFA, bertempat di Auditorium T Johan Garingging UNEFA, Pamatang Raya Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Rabu 06/12/2017.

Acara tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi, Ketua DPRD Drs Johalim Purba, Sekda Drs Godion Purba MSi,  mewakili Kapolres, mewakili Dandim 0207 Simalungun, para pimpinan SKPD, Camat dijajaran Pemkab Simalungun, Ephorus GKPS, tokoh agama, para dekan DAN dosen UNEFA dan para orang tua mahasiswa yang di wisuda.

Menurut rektor UNEFA Dr H Abdiyanto SE MSi saat membuka sidang mengatakan bahwa mahasiswa yang diwisuda adalah mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (program S1 PGSD) Fakultas kesehatah (program D3 dan S1), fakultas tekhnik (program S1) dan fakultas ekonomi (program S1).

Abdiyanto berharap kepada para mahasiswa yang diwisuda untuk tidak berhenti sampai disini dalam mengikuti proses pendidikan, karena proses pendidikan merupakan kegiatan yang berkelanjutan, selama jiwa masih dikandung raga. Proses wisuda merupakan babak awal untuk mulai mengaplikasikan ilmu pengetahuan, tekhnologi, pengalaman dan keterampilan yang diperoleh di bangku kuliah, pada dunia nyata yaitu turut serta dalam membangun daerah.

Dunia kerja yang dihadapi dilapangan adalah dunia yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang demikian ketat. “Jangan cepat berpuas diri, harus menjadi kata kunci, yang senantiasa didalam sikap dan prilaku kalian sekarang ini, agar terus termotivasi belajar dan belajar terus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni serta tuntutan kerja,”kata Abdianto.

Dalam kesempatan itu Abdianyo menyampaikan terimaksih kepada  Bapak Dr JR Saragih SH MM yang secara pribadi telah memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa kurang mampu  dan karyawan potensial di Universitas Efarina.

Rafika Sarina Turnip ST mewakili wisudawan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pendiri UNEFA Dr JR Saragih SH MM sehingga kami dapat belajar dan meimbah ilmu untuk bekal masa depan.

Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UNEFA yang telah membantu Pemkab Simalungun dalam meningkatkan sumber daya manusia masyarakat dan juga aparatur pemerintah kabupaten simalungun. “Wisuda ini merupakan penghormatan kepada mahasiswa dan sebagai awal pengabdian di tengah tengah masyarakat, untuk itu teruslah  belajar dan menambah wawasan,”ujarnya.

Sementara itu, Kopertis wilayah I Sumut diwakili Dra Khodijah MSi dalam sambutannya antara lain mengatakan, wisuda yang di laksanakan oleh UNEFA merupakan bukti bahwa perguruan tinggi ini telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi yakni proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya UNEFA telah mengemban dengan baik kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan satuan kegiatan yang berdasarkan peraturan dan perundang undangan perguruan tinggi.

Kepadan para wisudawan, yang telah sukses memperoleh gelar akademik ahli madya serta sarjana merupakan akhir dari pendidikan di UNEFA. Oleh karena itu diharapkan untuk mengamalkan ilmu dalam profesi masing masing secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas. “Image UNEFA di masyarakat ada terbawa pada diri saudara sekalian. Jagalah nama baik almamater, belajar terus sepanjang hayat, almamater selalu menanti anda dan capailah gelar yang lebih tinggi,”ujar Khodijah.

Selain itu, kepada alumnus UNEFA, Khodija menegaskan, harus menjadi agen perubahan bangsa ini dengan bekerja keras, jujur dan disiplin, lakukan perubahan mulai dari diri sendiri, mulai sekarang dan mulai dari yang mudah.

Dalam pada itu,Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Wakil Bupati mengatakan bahwa lulusan perguruan tinggi akan menjadi tumpuan harapan masyarakat, untuk itu jadilah pelopor kreativitas dan inovasi bidang masing masing, sehingga perubahan menuju kemajuan secara bertahap kita bangun ditengah tengah masyarakat maupun bangsa.

Dikatakan, pada 4 fakultas di UNEFA terbukti menjadi pilihan bagi para mahasiswa untuk memperoleh ilmu pada jenjang perguruan tinggi. Para mahasiswa maupun alumni diharapkan dapat membawa inovasi ditengah tengah masyarakat maupun lingkungan pendidikan, sehingga memberi inspirasi bagi setiap generasi muda untuk mengukir masa depan bangsa yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Dalam sambutan tertulisnya itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada UNEFA yang terus bekerja keras meningkatkan kualitasnya, sehingga universitas ini menjadi kebanggaan daerah dan masyarakat Simalungun. Kepada kopertais wilayah I Sumut diharapkan jangan bosan memberikan pembinaan dan bantuan untuk kemajuan universitas efarina pada masa yang akan datang.(*)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *