Tuesday, 12/12/2017 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Hari Pahlawan 10 November 2017, “My Hero JR Saragih”

Hari Pahlawan 10 November 2017,  “My Hero JR Saragih”

Oleh BaBE

MONALISA | – Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Mengapa hari ini perlu diperingati setiap tahun? Apa arti pahlawan bagi masa kini dan siapa yang layak disebut pahlawan?…Mata MONALISA mencoba menggali jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu dari beberapa Anak Panti Asuhan yang berhasil disambangi.

Kunjungan Monalisa punya alasan tersendiri,ternyata ada cerita dibalik kunjungan Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM beberapa waktu lalu di Panti Asuhan  BKM GKPS,ada perlakuan khusus orang nomor satu simalungun ini kepada Ferry Antonius Sinaga yang nyaris putus asa.

Kehidupan anak anak  di Panti Asuhan BKM GKPS Kota Pematangsiantar sangat jauh berbeda dengan anak zaman yang serba kecukupan baik kasih sayang maupun finansial,tidak sama halnya dengan kehidupan Ferry Antonius Sinaga sebagai pemuda remaja tumbuh tanpa ada belas kasih sayang ibu bapanya semenjak kecil.Sebagai pemuda yang menanjak dewasa dirinya sempat mengalami putus asa untuk melanjutkan pendidikan.

“Jujur saja saya sudah tidak memiliki harapan untuk sekolah, rasa putus asa sudah dalam kondisi puncak. Tapi, saat Bapak JR Saragih datang ke tempat ini maka semangat dan harapan baru buat saya menimba ilmu datang kembali,” ungkapnya berlinang air mata.

Pria kelahiran 11 September 1995 ini memang enggan menjelaskan perihal mengapa dirinya sempat merasakan putus asa, namun dengan kemauan yang kuat untuk menimba ilmu langsung mendapat perhatian dari JR Saragih.

“Saya merasa senang sekali apalagi bisa memiliki kebanggaan buat anak-anak panti asuhan terus memiliki semangat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan selepas diberikan arahan dan bimbingan dari Bapak JR Saragih.Awalnya tidak percaya, dan sempat putus asa.Tapi ketika mendengar pertolongan Pak JR Saragih,saya memiliki harapan dan semangat baru untuk melanjutkan pendidikan kembali,” paparnya.

Ilmu pengetahuan sangat penting dalam diri generasi muda. Oleh karenanya, dengan bersekolah maka secara tidak langsung akan menanamkan pada generasi muda untuk selalu menimba ilmu guna perubahan di masa depan.Ferry Antonius Sinaga mengatakan sosok pahlawan dalam kehidupannya adalah JR Saragih sebagai pengganti orangtuanya. “Karena berkat pertolongan beliau saya dapat melanjutkan pendidikan kembali,” ujar Ferry kepada Mata Monalisa

Selain Ferry,Mata Monalisa tertuju kepada Remaja kelahiran 15 Oktober 2000, Jonli Sitinjak yang bercita cita ingin menjadi TNI ini ternyata mendapat suport dari Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM.Motivasi dan harapan langsung ditujukan Jonli untuk mewujudkan impian dan harapannya.

“Keinginan saya untuk menjadi TNI sejak masih kecil, apalagi opung saya berasal dari sana. Buat saya ada kebanggaan tersendiri bila menjadi tentara selain memberikan nama baik buat orangtua saya,” ujarnya.

Menurutnya, keinginan dirinya untuk bisa menjadi TNI semangkin dipicu dengan latihan rutin yang menjadi bekal terwujudnya impian Jonli,hal tersebut muncul sejak JR Saragih memotivasi semangat Jonli untuk lebih giat mempersiapkan diri sejak dini sebagai calon prajurit TNI.

“Tadi sama Bapak JR Saragih diberikan motivasi, dengan adanya masukan dari Beliau (JR Saragih-red) maka keinginan saya menjadi lebih bertambah. Terima kasih, Bapak JR,” bebernya.

Diakuinya, ada perasaan bangga dan bahagia melihat sosok JR Saragih meskipun sebagai kepala daerah namun memiliki hati yang bisa dirasakan oleh masyarakat.“Terus terang saya menjadi termotivasi, terlebih setelah mendengar perkataan Beliau jadi penyemangat untuk menggapai cita-cita.Baik dengan durasi pendek maupun panjang, dengan porsi besar maupun kecil, seluruhnya membawa pelajaran yang bisa saya ambil. Karena Pak JR sudah ikut ambil bagian dalam membentuk karakter dan sudut pandang saya dalam kehidupan,” ujar Jonli.

Hari Pahlawan yang diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia, ternyata menjadi hari sakral bagi Bupati Simalungun JR Saragih tepatnya 10  November 1968 lalu sebagai hari kelahirannya.Hal tersebut membuat Mata Monalisa tertuju pada pria yang pernah bertugas sebagai perwira TNI.

Lebih kurang 30 orang lansia bertatap muka dengan orang nomor satu di Kabupaten Simalungun ini dalam rangka merayakan hari pahlawan sekaligus merayakan ulang tahun ke-49. Kehadiran pria yang pernah mengemban tugas sebagai polisi militer dan Paspampres ini sontak membuat para lansia bergembira.

“Kami sangat salut dengan Bapak JR Saragih yang terus perduli dengan masyarakat bawah khususnya para lansia,” ucap Mamak Tarigan di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat lalu.

Menurutnya,Beliau cocok jadi pahlawan,”Jujur saja kami memiliki kebanggaan tersendiri mengingat atas apa yang dilakukan (JR Saragih-red) yang selalu memperhatikan  masyarakat,dengan jiwa sosialnya yang begitu tinggi,tanpa pamrih menolong orang susah dan sakit tanpa harus menunggu,apakah tidak orang seperti dia yang bisa disebut pahlawan.teruslah berjuang untuk masyarakat,”ujarnya.

Mata Monalisa melihat sorot mata yang sama terhadap Rosma gadis remaja 13 tahun ini juga berdecak kagum melihat sosok JR yang memiliki jiwa sosial yang begitu tinggi terkhusus terhadap anak anak panti asuhan yang rata rata masih membutuhkan belaian kasih sayang dari ibu dan ayahnya.” Terima kasih kepada Bapak JR Saragih yang sudah memberikan kami rumah yang layak untuk dihuni,ternyata masih ada seorang pahlawan didalam hidup kami ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, Panti Asuhan Gelora Kasih GBKP yang dibangun oleh JR Saragih memiliki empat kamar di mana di dalamnya terdapat dua tempat tidur atas dan bawah, totalnya sebanyak delapan tempat tidur.

Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P. Purba menambahkan bahwa pihaknya bukan melihat dari pembangunan panti asuhan melainkan dari ketulusan dari hati JR Saragih yang senantiasa ingin membuat anak-anak panti asuhan bisa sejajar dengan anak lainnya.

“Beliau dengan tulus menolong serta membantu masyarakat yang penuh dengan kesederhanaan dan ini menjadi bukti konsekuensi dari seorang Bapak JR Saragih selalu bersama dengan masyarakat yang penuh kesederhanaan,” pungkasnya.(*)

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *