Merajut NKRI Melalui Dialog Terbuka

0
151 views

Oleh: Budi Hartono.

Monalisa | Teb.Tinggi | – Perkembangan dunia sudah demikian pesatnya baik itu di Sospol maupun Sosmed yang apabila masyarakat tidak selektif memahami dapat berakibat fatal dalam kehidupan hingga dapat berimbas perpecahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bunda Indah seorang aktivis wanita yang kesehariannya terjun didunia sosial menginisiasi membentuk sebuah wadah yang diberi nama Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) untuk mewujudkan mimpinya demi penyatuan seluruh lapisan masyarakat agar tetap utuhnya NKRI.

Program-program demi penyatuan NKRI ini disharingkan dengan Kapolri Jend.Pol.Drs.H.M.Tito Karnavian,M.A,Ph.D dan sangat mendapat support.

Setelah pertemuan dengan Kapolri, Bunda Indah segera menyiapkan segala sesuatunya untuk acara dialog antar Umat Beragama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Sumatera Utara dengan Kapolri yang diselenggarakan Kamis lalu di Gedung Medan International Convention Center (MICC) Jln.Gagak Hitam no.1 Medan.

Seluruh peserta yang hadir berasal dari 33 Kabupaten/Kota yang di back up oleh Kapoldasu Irjen.Pol.Paulus Waterpauw dibantu oleh seluruh Kapolres yang ada diseluruh Kabupaten/Kota dengan menghadirkan peserta  hampir 2000 orang.

Uniknya peserta yang hadir berpakaian adat dari daerah masing masing.

Dalam acara tersebut Bunda Indah dalam sambutannya mengatakan, bahwa hidup dan sebahagian hartanya dia sumbangkan untuk kemaslahatan umat demi terciptanya kehidupan masyarakat yang rukun dan damai satu dengan lainnya juga Rumah Komunikasi ini tidak berafiliasi dengan unsur politik manapun, RKLA ini murni berkegiatan sosial, silahkan kroscek kalau ada yang curiga tegas Bunda Indah.

Dalam dialog tersebut seyogianya sebagai Nara Sumber Utamanya adalah Kapolri, akan tetapi ada tugas negara yang lebih penting lagi, Kapolri mengutus Irjen.Pol.Drs.H.Arkian Lubis,SH.M.Si ( Kakorbinmas Baharkam Mabes Polri), Gubsu T.Eri Nuradi dan Kapoldasu sebagai Nara Sumber.

Diantara para undangan, hadir perwakilan dari Prov.Papua. Hadir jg Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKAUB) SUMUT Drs.H.Maratua Simanjuntak dan kepada Monalisa beliau katakan sangat mengapresiasi acara dialog yang di inisiasi oleh Bunda Indah demi mempersatukan NKRI ini khususnya di Sumatera Utara yang terdiri dari banyak suku, agama serta adat istiadatnya.

Sama dengan halnya Drs.Ratama Saragih,SH salah satu Tokoh Masyarakat sekaligus Wali Kota DPD.LSM.LIRA Kota Teb.Tinggi yang turut hadir dalan acara dialog itu menyatakan kekagumannya atas semua perjuangan Bunda Indah demi kemanusiaan dan sewaktu berkunjung di Teb.Tinggi, selaku Tokoh masyarakat telah memberikan marga Saragih sebagai motivator bagi masyarakat lainnya terutama bagi saya,” pungkasnya. (*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY