Wakil Bupati Simalungun Temu Ramah Dengan Delegasi Negara Tetangga

0
96 views

Oleh Redaksi

MONALISA | MEDAN | Wakil Bupati Simalungun Ir.Amran Sinaga Msi makan malam bersama  pada dengan delegasi Malaysia,Serawak dan Singapura yang merupakan para investor bergerak dibidang parawisata di negaranya dalam acara Summit parawisata  berbasis Geopark di rumah dinas Gubernur  Sumatera Utara Jl.Sudirman no.41 medan tgl Jumat (15/12/2017).

Rombongan delegasi Negara tetangga ini dipimpin oleh Datuk Seri Panglima  Madius Tangau menteri parawisata malaysia.

Dalam  temuramah dan jamuan makan yang dilaksanakan ini untuk memperkenalkan bagaimana keindahan Danau Toba yang diibaratkan bagaikan kepingan surga yang jatuh kebumi.Tujuan pertemuan ini nantinya dapat bersama sama mendorong berinvestasi di sekitar kawasan danau toba.

Gubernur Sumatera Utara Dr.Ir.Tengku Edi Nuradi Msi memperkenalkan Geografis Sumatera Utara dengan  berbagai potensi alam yang tetdapat pada 7  Kabupaten seperti Simalungun.Tobasa.Samosir.Tapanuli Utara.Humbang Hasundutan.Dairi dan Tanah Karo.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Simalungun Ir.H.Amran Sinaga Msi menjelaskan kepada ketua rombongan /mentri parawisata malaysia memperkenalkan potensi alam Kabupaten simalungun dengan Agroklimatenya .bahwa sektor pertanian yang dapat dijalin kerjasama dalam mendukung ekonomi masyarakat dengan konsep agro wisata disekitar danau toba.

Tadi sabtu (16/12) kedatangan tamu bagian dari rombongan dengan membawa 50 orang duta besar negara asia dan afrika berkunjung ke parapat dan rombongan mendarat di bandara internadional silangit dan dilanjutkan ke kota parapat.

Datuk seri panglima Madius Tangau juga sebagai menteri parawisata malaysia ahli dalam  bidang pertanian organik sangat setuju bahwa pemerintah daerah harus mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar danau toba dengan  mengembangkan sentra industri kecil dalam satu kawasan pemukiman melalui KUBE/kelompok usaha bersama  atau kelompok usaha kecil kerajinan.tentu yang dapat bermitra kepada pengusaha sebagai bapak angkat.

Dalam  pengembangannya pemerintah daerah agar mendorong sekaligus mempermudah investor seperti perizinan dan sebagainya  tapi bukan hanya menawarkan keindahan panorama alam nya saja.Pengembangan konsep wisata agro bias mengedepankan budi daya tanaman organik yang baik dan hortikultura.perkebunan.peternakan.kehutanan hingga perikanan.

Berita Terkait: 👉  Hujan Menjadi 'Rahmat' Pelantikan DPC & DPAC Siantar-Simalungun

Datuk seri panglima Madius Tangau juga mencontohkan dari pengunjung harus membayar untuk mendapatkan pengalaman, misalnya cara menanam padi,memetik buah,memberi makan luwak kopi.mengambil madu pada budidaya lebah.memetik daun the serta menangkap ikan/belut utk santapan kuliner.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here