Tuesday, 16/1/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Anak Siantar di Tokyo Boyong Pengurus Japan Chamber of Commerce and Industry

Anak Siantar di Tokyo Boyong Pengurus Japan Chamber of Commerce and Industry

Oleh Herawati Munthe

MONALISA | – Japan Chamber of Commerce and Industry JCCI, (Pengurus Kamar Dagang dan Industri Jepang), Mr. Kato Yosuke beserta putra asal Pematangsiantar yang bekerja di Tokyo, Fadli Rinaldi Lubis dan pengurus Kadin Pematangsiantar, Burhanudin Lubis, SE temui Walikota Pematangsiantar Hefriansyah SE MM di ruang rapat Bappeda Jalan Merdeka, Jumat (5/01).

Kedatangannya disambut Walikota didampingi pimpinan OPD diantaranya Plt. Kepala Dinas PU dan Tata ruang, Jonsön Tambunan, Kadis Perumahan dan Pemukiman, Reinward Simanjuntak, Kepala Bappeda, Drs Midian Sianturi, Kadis Lingkungan Hidup, Jekson Gultom dan Dirut PDAM Tirta uli, Badri Kalimantan,  diruang rapat Bappeda kompleks kantor Walikota.

Setelah Walikota menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada rombongan, selanjutnya Kepala Bappeda dalam kesempatan itu menjelaskan, beberapa program kota Pematangsiantar yang diharapkan dapat di fasilitasi oleh Kadin Jepang semisal peningkatan SDM serta penggunaan teknologi.

Menanggapi permintaan pemerintah kota yang disampaikan Midian, Mr. Kato Yosuke mengatakan “ada beberapa program yang dapat dilakukan kerjasama pada bidang pendidikan dan pelatihan, yang pasti SDM yang akan dikirim terlebih dahulu dilatih bahasa Jepang”, katanya.

Selanjutnya, Mr. Kato menjawab tentang program pemerintah kota terkait bidang kebersihan,  kami juga akan mempelajari sistem pengelolaan sampah di kota Pematangsiantar agar dapat diberikan alat yang diperlukan untuk pengelolaan sampah nantinya.

Sementara itu putra asal Pematangsiantar yang bekerja di Tokyo, Fadli Rinaldi Lubis menambahkan, program Sister City yang ditawarkan Kadin Jepang kepada pemerintah kota adalah, kota Yamanasi di Jepang yang akan menjalin kerjasama,

“Apabila MoU sudah disepakati maka akan berlanjut kerjasama soal pembangunan dan berbagai hal,” katanya dengan situasi pertemuan berlangsung sangat akrab dan penuh persaudaraan.(*)

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *