“MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI KITA WUJUDKAN PROFESIONALISME SATPAM DALAM RANGKA MENCIPTAKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN DI LINGKUNGAN KERJA”.

0
51 views
Kapolres Simalungun
Atraksi

Oleh Redaksi

MONALISA | SIMALUNGUN | – Upacara peringatan‎ HUT Satpam ke-37 Tahun 2017, digelar di Lapangan PT. Sipef Bukit Maraja Kabupaten Simalungun, Rabu (10/1-2018) pukul 10.00 wib, dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH, selaku Perwira Upacara Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Asmon Bufitra, SH dan Komandan Upacara Komandan Regu Satpam PT. Sipef Rudianto Simorangkir.

Tema yang diusung dalam kegiatan Hut Satpam bertajuk “MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI KITA WUJUDKAN PROFESIONALISME SATPAM DALAM RANGKA MENCIPTAKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN DI LINGKUNGAN KERJA”.

Upacara tersebut dihadiri oleh Manager PT. Sipef Pol Ginting, PD PT. SSI Solusi Sekuriti Indonesia Mr. Keith, Ketua Pengadilan Negeri Simalungun Lisper Berutu, SH, Pabung Kodim 0207/ Simalungun Mayor J. Tambunan, Wadanki Brimob Subden II B Pematangsiantar Iptu Mhd. Fahrid, Kabag Ren Polres Simalungun Kompol Robert Gultom, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri ND. Barus, SH, S.IK, Para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas sejajaran Polres Simalungun, Pembina Saka Bhayangkara Polres Simalungun, Para Manager Security Perusahaan/ Perkebunan, Satpam Perusahaan/ Perkebunan di jajaran Polres Simalungun, Danramil 08/ Bangun, Camat Gunung Malela dan Pangulu Nagori Pematang Sahkuda.

Kapolres Simalungun menyampaikan amanat Kapolri bahwa Peringatan ke-37 HUT Satpam dilaksanakan secara serentak di seluruh Polres-Polres dengan maksud untuk mengetahui penggelaran potensi Satuan Pengamanan Swakarsa di wilayah masing-masing, sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi Kepolisian di lapangan.

“Hal ini merupakan wujud nyata dari apa yang menjadi dasar hukumnya yaitu amanat dalam Pasal 3 ayat (1), Pasal 14 ayat (1) huruf (f), Pasal 15 ayat (2) huruf (g), Pasal 34 ayat (2) dan Pasal 36 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta aturan pemerintah Nomor 43 Tahun 2012”. Jelasnya.

Satuan Pengamanan dalam panduan tersebut adalah mereka yang secara fungsional dan struktural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis Organisasi. Satuan Pengamanan memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di Negara Kita. Oleh karenanya, penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri.

Dalam hal ini, Kapolri telah menetapkan kebijakan prioritasnya sebagai salah satu dari sebelas prgram prioritasnya yaitu “Membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas”, sehingga penyiapan Security Profesional asing semakin mendesak untuk direalisasikan khususnya pada 12 spesialis Insdustrial Security, guna mengantisipasi inovasi “Security Profesional” asing, sebagai konsekwensi dari adanya 12 sektor prioritas MEA 2015 yang disebut dengan Free Flow of Skilled labor (Arus bebas tenaga kerja terampil).

Di akhir amanat yang dibacakan, Kapolres Simalungun menyampaikan 5 arahan Kapolri kepada semua anggota Satpam di seluruh pelosok Nusantara :

  1. Pelihara dan mantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi Kepolisian yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam.
  2. Bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja.
  3. Selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi di Tahun mendatang.
  4. Tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan Polri dan Instansi terkait di lapangan.
  5. Berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik Kepolisian terbatas maupun Industrial Security.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara. Dirgahayu Satuan Pengamanan ke-37, Selamat bertugas..!!”, tutupnya.

Upacara peringatan‎ HUT Satpam ke-37 Tahun 2017, ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua Pengadilan Negeri Simalungun. Dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolres Simalungun dan Manager PT. Sipef.

Untuk memeriahkan acara, diadakan pertunjukan atraksi gerakan Tongkat T dan Borgol oleh Satpam PT. Sipef yang dibina oleh Polres Simalungun. Kemudian perlombaan tarik tambang antar Satpam Perkebunan/ Perusahaan.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY