Untuk Tingkatkan PAD, Dishub Segera Tertibkan Kenderaan Parkir “Semau Gue”

0
115 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISA | TAPTENG | – Parkir “Semau Gue” kenderaan bermotor roda, 2, 3, 4, dan kenderaan (tidak ber-aturan) di ibukota Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumatera Utara rugikan PAD dan menjadi sulut kemacetan dan kesemerawutan sehingga merusak pemandangan.

Selain mengakibatkan kemacetan, parkir semau gue ini menjadi penyebab tidak terpenuhinya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemkab Tapteng, Jonnedy Marbun, Rabu (10/1), mengaku selama ini benar masih banyak parkir liar yang tidak sesuai dengan peraturan. Sehingga PAD parkir Pemkab Tapteng tidak terpenuhi setiap tahunnya.

Salah satu prioritas utama yang akan dilaksanakan Dishub Tapteng, lanjut Jonnedy, adalah hasil pemungutan parkir yang resmi. Dan menertibkan parkir-parkir liar, agar target PAD dapat terpenuhi.

“Benar salah satu tugas utama yang diberikan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani adalah menertibkan seluruh parkir-parkir liar di Tapteng, serta meningkatkan PAD Pemkab Tapteng”. kata Kadishub.

Dinas Perhubungan Tapteng, lanjut Jonnedy, akan kerjasama dengan pihak ketiga untuk pemungutan parkir, dan pungutan tersebut resmi sesuai dengan aturan yang berlaku.”Seminggu belakangan ini, banyak laporan dari staf dinas perhubungan, juga dari masyarakat. Ada parkir liar, atau pungutan parkir liar. Dengan adanya laporan tentang parkir itu, maka mulai awal tahun 2018 ini, seluruh parkir liar akan kita tertibkan”. tegas Jonnedy.

Kemudian, kata Jonnedy, untuk membuktikan laporan itu, pihaknya sudah turun langsung meninjau kelapangan. Ada sebanyak 40 lapak parkir diseluruh wilayah Tapteng. Dan akan segera ditertibkan.

“Untuk tahun 2018, sudah ditetapkan PAD dari hasil parkir sebanyak Rp350.000.000,-  yang akan dipenuhi Dinas Perhubungan Tapteng. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya PAD dari Dinas Perhubungan tidak pernah terpenuhi targetnya”. kata Kadishub.

Berita Terkait: 👉  AKP. Edy Sukamto. SH. MH, Guna Berantas Narkoba Kita Akan Tes Urine Anggota

Masih menurut Jonnedy, Sistem yang akan dibuat, pemungutan parkir akan langsung mengirim atau membayarkan langsung ke rekening Pemkab Tapteng. Setelah itu, bukti dari pengiriman itu lah yang akan dilaporkan kepada Kadishub.

Dinas Perhubungan Tapteng mengimbau, agar seluruh masyarakat sadar dan mau membayarkan parkir kendaraannya baik itu sepeda motor dan mobil. Harga karcis sudah dicantumkan di karcis oleh petugas resmi pemungut parkir Dinas Perhubungan Tapteng.

“Tidak ada pungutan lain diluar yang telah ditentukan. Bila masih ada orang yang melakukan pungutan parkir liar. Kami mohon segera laporkan. Saya selaku Kepala Dinas Perhubungan akan melakukan sangsi dan tindakan tegas kepada pelaku kutipan diluar ketentuan,” tegasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here