Monday, 19/2/2018 | : : UTC+7
Monalisanews

Bupati Hadiri Rapat Koordinasi Dengan Para Camat

Bupati Hadiri Rapat Koordinasi Dengan Para Camat

Oleh Masto Tumangger

MONALISA | PAKPAK BHARAT | – Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA mengutarakan tentang pentingnya peran para Camat, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam PP no. 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan, yang merupakan tugas atributif atau melekat kepada para Camat.

“Selain itu masih ada tugas delegatif sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Pakpak Bharat nomor 31 tahun 2014 dan Perbup nomor 16 tahun 2015 yang menjadi kewenangan para Camat atau tugas delegatif, pelimpahan wewenang dari tugas Bupati kepada para Camat”, jelasnya saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi Camat se-Kabupaten Pakpak Bharat di Bale Sada Arih, Jumat kemarin.

Dengan didampingi Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si dan para Asisten, Bupati meminta para Camat agar dapat berfungsi  dan berperan maksimal. “Utamanya dalam hal kebersihan, keamanan dan ketertiban diwilayahnya masing-masing”, tandasnya dihadapan para Camat dan pimpinan OPD yang hadir.

Selain itu, dengan tegas Bupati meminta kepada Camat yang masih belum bertempat tinggal diwilayahnya agar eksis dan tinggal di masing-masing Kecamatan yang dipimpin. “Dengan demikian para Camat lebih mudah memantau perkembangan serta mengetahui apa yang terjadi di Kecamatannya masing-masing secara lebih dekat dan jelas, termasuk kecepatan dalam menerima informasi”, lanjut Bupati Remigo.

Terkait tupoksi, Bupati dengan gamblang mengemukakan agar bekerja tidak berpatokan pada anggaran. “Artinya pelaksanaan tupoksi sebagaimana yang diatur dalam Perbup harus bisa dijalankan dan dibagi habis pekerjaan tersebut bersama jajaran di Kantor Camat, serta menguatkan koordinasi yang selama ini terkesan mandul dengan instansi yang berhubungan”, ucapnya lagi.

Pada kesempatan ini, Sekda juga mempresentasikan tentang tugas serta wewenang para Camat. Diutarakan oleh beliau bahwa para Camat memiliki 7 (tujuh) tugas atributif yang terdiri dari pengkoordinasian, pembinaan dan pelayanan. “Selain itu masih ada wewenang dari para Camat yang meliputi 8 aspek dan terdiri dari beberapa wewenang”, terangnya.

Acara ini juga melibatkan para pejabat lainnya di Kantor Camat. Ka. Bagian Pemerintahan Setda, Robincem Habeahan, S.IP menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan Rakor Camat ini adalah sebagai sarana peningkatan pemahaman Camat akan fungsi dan tupoksinya, untuk meninjau ulang Perbup pelimpahan kewenangan Bupati, penguraian tupoksi seluruh Kepala Seksi di Kantor Camat agar lebih aplikatif, penerapan reward dan punishment, serta sebagai sarana bimbingan teknis. (*)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us