Dinas PP-KB Tapteng Gelar Pencanangan Bulan Bhakti IBI – KB – KES dan MOW

0
112 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISA | TAPTENG | – Pembukaan Kegiatan bulan bhakti Kesatuan Gerak IBI KB-KES Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2018, ditandai dengan memukul gong oleh Ketua TP PKK Tapteng, Ny Citra Bakhtiar Sibarani, Kamis (25/1-2018) di Gedung Olah Raga ( GOR) Pandan.

Dalam sambutan Ny Bakhtiar Ahmad Sibarani menekankan kepada para bidan dan penyuluh KB ditiap kecamatan untuk lebih meningkatkan pelayanan.”Peran para Bidan dan penyuluh Keluarga Berencana (KB), diharapkan dapat menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Sehingga masyarakat paham dan mengerti program KB menekan pertumbuhan penduduk”. kata Citra.

Ny Bakhtiar Ahmad Sibarani mengharapkan peran para Bidan dan penyuluh KB untuk dapat menyampaikan informasi ini dengan baik dan benar bagi para ibu yang akan melahirkan supaya diarahkan kepada persalinan normal.

“Mari berikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Khususnya bagi para ibu yang akan melahirkan supaya diarahkan kepada persalinan normal, dengan jumlah anak dua orang. Sebab persalinan dengan operasi biayanya lumayan mahal dan sangat beresiko”. imbuh Citra.

Usai membuka kegiatan Bulan Bhakti, Ketua TP PKK bersama rombongan meninjau pelaksanaan kontap di RSUD Pandan.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk (PP) dan KB Tapteng, Arta Siregar, dalam laporannya menargetkan jumlah calon Akseptor bagi keluarga pasangan usia subur sebesar 13.776 Akseptor pada Tahun 2018.

Untuk mencapai target tersebut, Dinas KB meminta dukungan dan kerjasama Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Selain target keluarga pasangan usia subur, lanjut Arta Siregar, Dinas PP-KB juga menargetkan Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) sebanyak 55.746 calon Akseptor, pada kegiatan Bulan Bhakti Kesatuan Gerak IBI KB-Kesehatan tahun ini. Sedangkan ditiap kecamatan, target PPM sebanyak 7.346 calon Akseptor.

Berita Terkait: 👉  KODIM 0711 DAN GEMA PESONA SERAH TERIMA KUNCI BEDAH RUMAH VETERAN DI PEMALANG

“Untuk dapat mengejar target yang ditentukan itu, diharapkan dukungan dari Ikatan Bidan Indonesia, sehingga target yang diharapkan dapat terwujud demi menekan pertumbuhan penduduk. Pelayanan kepada masyarakat juga semakin dekat”. kata Arte Siregar.

Ketua IBI Tapteng, Norika Situmorang SKM mengatakan, untuk memperkuat kembali program KB di Tapteng dibutuhkan berbagai kebijakan, terutama menggunakan kontrasepsi metode jangka panjang.”Hal itu juga bertujuan mengontrol kelahiran, yang merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada penurunan angka kematian ibu”. sebut Norika Situmorang.(*)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY