Lince,Guru SDN 091865 Serbelawan,20 Bln Gaji Dilalap Kepala Sekolah

0
745 views

Oleh Ekolin

MONALISA | DOLOK BATU NANGGAR | – Setiap manusia yang mengecam dunia pendidikan melalui bangku sekolah akan berkata “Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”,pekerjaan yang dilakukan sehari hari sangatlah mulia sehingga kita semua tidak dapat melupakan jasanya.

Miris!..dan sangat disayangkan ketika seorang guru seperti,Lince Siagian,harus menjadi korban Sri Asni,Kepala sekolah tempat Lince Siagian mengajar setiap hari di SD Negeri 091589 atau lebih dikenal oleh masyarakat Serbelawan dengan sebutan SD Negeri 3 beralamat di Kelurahan Serbelawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun.

Saat Monalisa mengunjungi Lince Siagian,Jumat,( 26/01/2018 ),dikediamannya yang masih dalam lingkunganĀ  sekolah tersebut,didampingi salah seorang putranya perlahan menuturkan bagaimana dirinya telah dizholimi oleh kepala sekolahnya sendiri.

Berawal dari Juni 2013,saat dirinya menggadaikan SK disalah satu Bank yang berada di Serbelawan.Dimana salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk pinjaman harus dari persetujuan kepala sekolah,serta pembayaran cicilan angsuran dipotong dari gaji yang setiap bulannya dia terima.

Berjalannya waktu,angsuran sebagai kewajiban pinjaman setiap bulannya berjalan lancar tanpa ada kendala yang harus dihadapi Lince walaupun kini dirinya tidak dapat lagi menikmati gaji bulanan dari hasil jerih payahnya sehari hari.

Hingga suatu hari,Lince Siagian,dikejutkan oleh teguran pihak Bank yang menjelaskan bahwa selama ini dirinya tidak pernah membayar kewajiban angsuran dan telah beberapa bulan menunggak.”Disitulah pak,”saya baru tau kalau selama ini gaji yang tidak perna saya ambil ternyata tidak perna dibayarkan ke Bank oleh kepala sekolah”.sebutnya.

Lince Siagian,meneruskan pembicaraannya kepada Monalisa bahwa,waktu mengajukan pinjaman,dirinya beserta kepala sekolah telah disepakati kalau angsuran akan dipotong dari gaji.”Pinjaman yang saya ambil dari Bank sebesar Rp.150 jt,setiap bulan angsuran yang harus saya bayar lebih kurang Rp.3.599.000,- dengan jarak waktu lebih kurang 3 tahun”.ucapnya.

Berita Terkait: šŸ‘‰  Dukungan Masyarakat Semangkin Kuat,GKPPD Doakan JR Saragih Sebagai Cagub

Menurut Lince,sebenarnya gaji yang diterimanĀ  sebagai guru pegawai negeri Rp.4.600.000′-/ bln,sehingga dirinya berani untuk mengambil pinjaman di Bank.”kalau dari gaji yang saya terima cukuplah pak,untuk membayar angsuran bank dan koperasi sekolah yang perna saya ambil,”makanya selama saya ambil pinjaman di bank tidak perna lagi menerima gaji,”bahkan minus dan kekurangan angsuran untuk koperasi sekolah tetap saya bayar”.Ujarnya.

Kembali kepada persoalan,Lince,mengatakan,angsuran yang selama ini dipotong dari gaji miliknya sama sekali tidak perna dibayarkan oleh kepala sekolah,Sri Asni.

Ketika Monalisa bertanya berapa bulan Angsuran yang tidak dibayarkan oleh kepala sekolah,sri Asni,”sudah 20 bulan”.jawabnya singkat.

Masalah yang dihadapi Lince br Siagian,menurutnya perna ditangani oleh Upt Dolok Batu Nanggar yang diteruskan ke Dinas Pendidikan.Kadis pendidikan yang saat itu dijabat oleh Lurinim Purba,pernah memanggil kedua belah pihak mencari solusi agar kepala sekolah,Sri Asni,segera mengembalikan uang Lince yang telah dipakainya,namun menurut Lince,Kadis pendidikan hanya sebatas mengarahkan tidak memberikan sangsi kepada kepala sekolah,dan tidak juga mengarahkan membuat satu surat pernyataan.

Akibat persoalan yang dihadapi,akhirnya Lince,melunasi semua tunggakan yang ada di bank,namun sampai dengan berita ini dirilis,sama sekali belum ada niat baik yang ditunjukan oleh Sri Asni untuk membayar uang yang sudah dipakainya.

Hal ini sebenarnya patut dipertanyakan,sebab mengapa pihak bank sampai berbulan bulan membiarkan tunggakan angsuran yang seharus dipotong pada saat penerimaan gaji kepada kepala sekolah,sedangkan gaji Lince pada tiap bulannya tidak pernah ia terima.Apakah yang terjadi pada Lince,ada kerja sama antara individu pihak perbankan dengan Sri Asna,sebagai kepala sekolah untuk menjadikan Lince sebagai sapi perahan. (*)

 

Baca Juga

Berita Terkait: šŸ‘‰  Blusukan Bakhtiar Merajut KeakrabanĀ  dengan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here