Gelombang Pasang Akademik JR Saragih Kembali Memanas

0
325 views

Oleh Redaksi

MONALISA | MEDAN |- Polemik soal ijazah JR Saragih tak ada henti-hentinya menjadi issu panas pada perhelatan Demokrasi,kali ini issu tersebut menjadi panas  ketika KPU Sumut menyatakan satu berkas persyaratan Bakal Calon Gubernur Sumut 2018-2023, yakni JR Saragih, tidak memenuhi syarat pada Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023.

Sebelumnya pada kasus yang sama pernah terjadi atas laporan pengaduan Tumpak Siregar dan Irwansyah Damanik yang merupakan calon Bupati Simalungun periode 2016-2021.Akibat laporan tersebut pasangan JR- Amran dicoret sebagai peserta Pilkada Bupati Simalungun.Proses hukum berjalan,akhirnya Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan putusan bahwa ijazah JR Saragih tidak ada masalah dan benar dileges oleh lembaga terkait sehingga pasangan JR- Amran kembali berhak ikut sebagai calon peserta Pilkada Kabupaten Simalungun.

Pernyataan yang sama juga terjadi kepada JR Saragih sebagai calon gubernur sumatera utara.Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga pada Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023 di ballroom hotel Grand Mercure Maha Cipta Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (12/2/2018), menyebutkan bahwa JR Saragih tidak melengkapi persyaratan.

“Sesuai dengan surat Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 Tanggal 22 Januari 2018 pada poin empat menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB SMA Nomor 1 OC Oh 0373795 Tahun 1990 atas nama Jopinus Saragih,” sebut Benget.

Berkas tersebut adalah fotokopi ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.

Menyikapi pususan KPU atas putusan rapat pleno yang menyatakan pasangan JR- Ance tidak memenuhi syarat sebagai calon peserta Pilgubsu 2018. JR Saragih mengatakan,”Ya, kita akan menggugat. Pasti menggugat ke Bawaslu,” tegasnya dan mengaku sudah mengantarkan ijazah sesuai yang diminta penyelenggara Pilkada.”Akan segera dimasukkan (gugatannya),” tambah Bupati Simalungun ini.

Berita Terkait: 👉  Silaturrahmi Puskesmas Sialang Buah Dengan Masyarakat Teluk Mengkudu

Terkiat dengan persoalan ini, JR Saragih  menghimbau kepada para pendukungnya untuk tetap tenang.”Semua saya minta kondusif. Biarlah hukum yang berbicara,” ujarnya.

Hingga berita ini dilansir, KPU Sumut belum menetapkan pasangan calon, baik yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) atau yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) menjadi kontestan Pilgub Sumut 2018-2023.

Pontoan Monalisa dilokasi, dua dari tiga pasangan bakal calon tidak hadir pada rapat ini. Rapat hanya dihadiri pasangan JR Saragih-Ance Selian.Sedangkan pasangan bakal calon lainnya, yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus,tidak berada di lokasi.(*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here